Bentuk 5 Batalion Cadangan, Kemhan: Untuk Perkuat Dan Perbesar Komponen Utama TNI

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Program Komponen Cadangan (Komcad) Tahun 2022 yang akan dibentuk Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI, nantinya akan ada 5 batalion.

Matra darat memiliki 3 batalion Komcad, sedangkan matra laut dan matra udara masing-masing 1 batalion.

Matra darat 1 batalion (500 orang) akan Ditempat di Kodam II/Swj, Kodam VI/Mulawarman, dan Kodam XIV/Hasanuddin.

Matra laut 1 batalion akan ditempatkan di Kodikmar Surabaya, sementara Matra Udara 1 batalion akan ditempatkan di Pusdiklat Pasgat, Bandung.

Brigjen TNI Fahrid Amran, Direktur Sumber Daya Pertahanan Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan (Dirsumdahan Ditjen Pothan Kemhan), mengatakan, pembentukan Komcad merupakan persiapan dini pembangunan sistem pertahanan Negara guna memperbesar dan memperkuat komponen utama (TNI).

“Kesiap-siagaan itu sebagai wujud usaha Negara dalam menghadapi ancaman Militer maupun ancaman Non-militer,” ujar Fahrid, Senin (21/3/22).

“Sesuai UU Nomor 23 Tahun 2019 tentang PSDN, Komponen Cadangan merupakan salah satu wadah dan bentuk keikutsertaan warga Negara secara sukarela serta sarana dan prasarana Nasional dalam usaha pertahanan Negara, sehingga komponen cadangan bukan wajib militer,” pungkasnya.

Komentar