Jelang Lebaran, Wali Kota Singkawang Fokus Tangani Pandemi dan Pemulihan Ekonomi

JurnalPatroliNews – Kota Singkawang,– Menyambut Hari Raya Idul Fitri sejumlah kepala daerah mendapat pengarahan dari Presiden Joko Widodo untuk penanganan dan pengendalian Covid-19. Mengingat bencana non alam itu belum berakhir. 

Pengarahan itu disampaikan langsung oleh Presiden Jokowi bertepatan dengan acara Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Award Tahun 2020 di Kementerian Dalam Negeri, Jakarta.

“Jadi diharapkan kepada kami seluruh kepala daerah ini bisa segera memutus mata rantai Covid-19 karena di masa lebaran tidak ada cuti atau libur agak panjang ditakutkan terjadinya lonjakan pengunjung di daerah masing-masing,” kata Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie dalam keterangan resmi, Kamis (29/4).

Tjhai Chui Mie mengatakan bahwa fokus yang harus dilakukan para kepala daerah ialah penanganan Covid-19 serta pemulihan ekonomi. Upaya tersebut untuk mencegah penularan virus corona.

“Kami diminta menjadi perhatian terhadap protokol kesehatan,” tuturnya.

Mengenai pemulihan ekonomi nasional tentu peran kepala daerah dalam sangat signifikan, mengingat mereka yang melaksanakan dan mengawasi penerapan pembatasan kegiatan masyarakat di daerahnya masing-masing.

“Kedua adalah ekonomi. Pemulihan ekonomi secara nasional ini diharapkan kita mengawal agar belanja modal bisa menjadi perhatian dan dilaksaakan beberapa program yang sudah masuk di APBD,” jelas Tjhai Chui Mie.

Kebijakan yang dibuat harus fokus dengan skala prioritas yang jelas. Presiden ingin kepala daerah segera bekerja cepat dan berorientasi pada tujuan yang jelas.

“Kemudian bagaimana meningkatkan invetasi memberikan proses izin yang cepat kepada calon investasi di daerah. Sehingga bisa mengurangi pengangguran dan bisa menambah pendapatan daerah,” tandas Tjhai Chui Mie.

Adapun, sejumlah kepala daerah yang menghadiri dan menerima penghargaan BKN award 2020 terdapat 10 wali kota, 18 bupati dan 10 gubernur.

Komentar