Ngeri! TNI AU Beli Pesawat Tempur Generasi 4,5, Kekuatan Udara Indonesia Semakin Ditakuti

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Pemerintah RI membeli Pesawat Tempur generasi 4,5, yakni Dassault Rafale buatan Perancis buatan Perancis dan F-15 EX buatan Amerika Serikat. Pembelian ini guna menambah kekuatan tempur udara NKRI.

Hal demikian diutarakan Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau), saat berbincang dengan media massa pada acara Press Tour dan Media Gathering, di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (22/12).

“Kami menginginkan pesawat generasi 4,5 dan menginginkan yang ‘heavy’ atau medium ke atas. Karena kita saat ini sudah ada F-16 sudah ada Sukhoi buatan Rusia,” ungkap KSAU.

“Ini juga hasil pemikiran dari Kementerian Pertahanan,” sambung Fadjar.

“Sukhoi Su-35 dengan berat hati, ya kita harus sudah meninggalkan rencana itu karena kan kembali lagi dari awal kita sebutkan bahwa pembangunan kekuatan udara sangat bergantung dari anggaran,” terangnya.

Kehadiran Pesawat Tempur tersebut akan menambah kekuatan TNI AU dalam menjaga kedaulatan wilayah udara Indonesia dari ancaman musuh. “Kalau Pesawat mungkin dua sampai tiga Skuadron. Insyaallah (lebih dari 30 pesawat),” tandasnya.

Prabowo Subianto, Menteri Pertahanan (Menhan), kata dia telah memberikan penjelasan kepada Menteri PPN/Kepala Bappenas mengenai anggaran pengadaan Pesawat Tempur yang akan digunakan hingga 30-40 tahun ke depan.

“Di dalam Renstra memang tidak ada, ini memang buah pikiran Pak Menhan dengan masukan dari kami juga,” ucapnya.

Mantan Pangkogabwilhan II ini mengaku, tim dari F-15 EX sudah menemuinya untuk membahas rencana pengadaan Pesawat Tempur tersebut.

“Ini sedikit informasi, F-15 EX timnya sudah datang ke saya. Saya tanya kalau hari ini kita sepakat unit awal pertama yang akan kita terima kira-kira kapan? Jawabannya ya kira-kira tahun 2027,” pungkas KSAU.

Komentar