Tekan Radikalisme Di Kalangan ASN, Densus 88 Bersama BNPT Siapkan Alat Untuk Asesmen

JurnalPatroliNews – Jakarta – Irjen Marthinus Hukom, Kepala Detasemen Khusus (Densus) 88 antiteror, menyebut pihaknya sedang menyiapkan alat untuk Asesmen tingkat Radikalisme Aparatur Sipil Negara (ASN). Alat itu tengah disusun bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT).

“Soal ASN kami punya tools yang kami bangun untuk mengasesmen para ASN untuk bisa mengetahui tingkat radikal, sedang kami susun di Densus bekerja sama dengan BNPT. Ini kan menjadi tanggung jawab internal,” ujar Marthinus, kepada wartawan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (21/3/22).

Ia mengungkapkan, semua unsur elemen masyarakat harus berpedoman pada Ideologi Pancasila. Bukan cuma ASN, tapi juga Aparat hingga unsur masyarakat terkecil.

“Sebenarnya, kalau bicara ASN, Polri, TNI, kita kan aparat Negara jelas harus berdiri di atas UUD 45 dan Pancasila, begitu juga dengan masyarakat yang lain, ketika kita bicara Negara, tak ada kata lain selain kita bicara wawasan kebangsaan,” katanya.

“Bagaimana kita melihat bangsa ini, kita berdiri di atas pilar-pilar Pancasila, UUD 45, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika, itu sudah wajib untuk berdiri di atas jalan itu,” imbuhnya.

Ia mengungkap, jumlah teroris yang ditangkap dalam dua tahun terakhir ini. Dia menyebut jumlah teroris meningkat namun kejadian teror menurun.

Komentar