Selasa, 13 Agustus 2019 10:04 WIB

BELA NEGARA

Berikan Pembekalan 2957 Mahasiswa Baru UPN Veteran Jakarta, Pesan Menhan: Lestarikan Nilai – Nilai Pancasila

Ferdinand Mannopo - jurnalpatrolinews
Berikan Pembekalan 2957 Mahasiswa Baru UPN Veteran Jakarta, Pesan Menhan: Lestarikan Nilai – Nilai Pancasila Foto : Ist

Jurnalpatrolinews - Jakarta,  Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu memberikan ceramah pembekalan Wawasan Kebangsaan kepada 2957 Mahasiswa Baru Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta, Senin (12/8) di Bapar Lanmar, Jakarta.

Pembekalan Menhan kepada Mahasiswa Baru UPN Vetetan Jakarta ini diberikan dalam rangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun Ajaran 2019/2010 dengan tema “Menjadi Mahasiswa Kreatif, Inovatif dan Pembela Negara di Era Revolusi Industri 4.0”.

Atas nama Kementerian Pertahanan, Menhan dalam ceramah perdahuluannya menyampaikan penghargaan dan ucapan selamat kepada seluruh Mahasiswa Baru UPN Veteran Jakarta yang akan melaksanakan studinya di Universitas UPN.

“Saya berharap adik-adikku sekalian akan mampu berkarya dan menerapkan ilmu yang didapatkan dari UPN Veteran untuk kepentingan bangsa dan negara. Keberhasilan kalian semua juga merupakan kebanggaan bagi keluarga”, pesan Menhan.

Menhan mengatakan bahwa para Mahasiswa Baru UPN Veteran Jakarta merupakan putra-putri terbaik bangsa yang memiliki keistimewaan, bukan hanya kerena telah terpilih sebagai duta-duta Bela Negara dan pembangunan bangsa ke depan, akan tetapi karena juga telah mampu menunjukkan keteladanan sebagai pelajar terpilih yang berprestasi, berdisiplin dan bermoral serta memiliki jiwa Nasionalisme yang tinggi.

Untuk itu lebih lanjut Menhan menekankan kepada Mahasiswa UPN Vetaran Jakarta agar berperan aktif dan berdiri paling depan untuk terus menjaga Keutuhan Bangsa dan Negara, salah satunya dengan melestarikan nilai – nilai Bela Negara.

“Nilai-nilai Bela Negara yang berbasis nilai – nilai Pancasila dan nilai – nilai kejuangan empat lima merupakan sumber kekuatan bangsa yang harus terus dilestarikan menjadi cermin identitas karakter bangsa Indonesia sampai kapanpun”, ungkap Menhan.

Karakter dan kepribadian Pancasila harus menjadi identitas setiap anak bangsa dan diapliasikan dalam kehidupan sehari – hari. Nilai-nilai karakter Pancasila itu berisi nilai-nilai luhur perjuangan yang menempatkan toleransi, saling membantu dan gotong royong.

Turut hadir mendampingi Menhan pada kesempatan tersebut, Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Sehartono, M.Tr (Han), Rektor UPN Veteran Jakarta Dr Erna Hernawati, Ak, CPMA, CA., beserta Civitas Akademika UPN Veteran Jakarta.

 


KOMENTAR