JPNews
Rabu, 05 Desember 2018 16:38 WIB

BELA NEGARA

DKP3A Kaltim Evaluasi Desa Prima di Lima Kabupaten/Kota

Ferdinand Mannopo - jurnalpatrolinews
DKP3A Kaltim Evaluasi Desa Prima di Lima Kabupaten/Kota Foto : Ist

Jurnalpatrolinews - Samarinda -- Desa Perempuan Indonesia Maju Mandiri (Prima) merupakan sebuah desa percontohan yang bertujuan untuk menanggulangi kemiskinan sekaligus meningkatkan ekonomi perempuan dengan memanfaatkan semua potensi yang ada dengan melibatkan segenap peran lintas sektoral terkait. Sesuai dengan program sektornya masing-masing.

Kabid Kesetaraan Gender, Dinas Kependudukan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim Mahrita, mengatakan di Kaltim sendiri saat ini Desa Prima telah terbentuk di lima kabupaten/kota.

“Untuk Kota Samarinda berada di Kelurahan Bentuas Kecamatan Palaran. Untuk Kabupaten Kukar di Desa Saliki Kecamatan Muara Badak. Untuk Kabupaten Kutim berada di Desa Suka Damai Kecamatan Teluk Pandan,” ujarnya.

Untuk Kabupaten Kubar berada di Kampung Tanjung Laong Kecamatan Muara Pahu, Kampung Melak Ilir Kecamatan Melak, Kampung Linggang Amer Kecamatan linggang Bigung dan Kampung Eheng Kecamatan Barong Tongkok. Sedangkan untuk Kabupaten Mahulu pembinaan pembentukan Desa Prima di Kecamatan Long Bagun.

Mahrita melanjutkan, pelaku Industri Rumahan umumnya telah memiliki usaha yang beragam namun didominasi oleh usaha makanan dan sembako serta sudah berjalan beberapa tahun. Teknologi yang digunakan dalam menjalankan usaha kebanyakan masih manual dengan dibantu beberapa orang tenaga kerja.

“Sementara sumber modal usaha para pelaku industri rumahan ini juga beragam, ada yang berasal dari modal sendiri, pinjaman dari Bank dan PNPM. Selain pelaku usaha tunggal, banyak dari pelaku Industri Rumahan ini yang tergabung dalam Kelompok usaha bersama dan terdiri dari beberapa orang. Sedangkan pola produksi yang digunakan kebanyakan bersifat kontinyu atau rutin, namun ada juga yang tergantung kepada pesanan atau orderan,” imbuhnya.

Untuk hasil industri rumahan, berupa hasil anyaman, pembuatan tas jinjing perempuan, baju adat, hasil produksi catering dan makanan cemilan.

Adapun bentuk pembinaan yang diberikan dengan sistem kelompok. Ini menjadi satu kemudahan bagi anggota Desa Prima mengakses informasi terkait usaha mandiri yang mereka jalankan

Lewat program ini diharapkan membantu mempercepat pertumbuhan usaha dan memperkuat basis ekonomi perempuan dan keluarganya. Di samping itu, Desa Prima dapat menumbuhkan kreativitas dan inovasi usaha bagi para perempuan. (Rdk)

 


Berita Terkait
KOMENTAR
Silakan login untuk memberikan komentar
LOGIN