Sabtu, 05 Oktober 2019 11:20 WIB

BELA NEGARA

HUT Ke -74 TNI, Menhan Berharap TNI Semakin Maju dan Kuat Sebagai Pengawal NKRI

Ferdinand Mannopo - jurnalpatrolinews
HUT Ke -74 TNI, Menhan Berharap TNI Semakin Maju dan Kuat Sebagai Pengawal NKRI Foto : Ist

Jurnalpatrolinews - Jakarta,  Kementerian Pertahanan menggelar Upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke – 74 Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang diikuti segenap Personel Kemhan, Sabtu (5/10) di Lapangan Bhineka Tunggal Ika, Kemhan. Tema pokok pada peringatan HUT Ke-74 TNI Tahun 2019 ini adalah TNI Profesional Kebanggaan Rakyat.

Pada hari yang bersejarah dan membanggakan bagi seluruh keluarga besar TNI, Menteri Pertahanan menyampaikan ucapan selamat kepada segenap Prajurit TNI dimanapun bertugas dan berada.

“Saya selaku Menhan dan atas nama pribadi mengucapkan Selamat Ulang Tahun Ke-74 Tentara Nasional Indonesia. Kita semua berharap TNI ke depan semakin maju dan kuat sebagai pengawal Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)”, harap Menhan dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Ir V Itjen Kemhan Brigjen TNI Minan Sinulingga selaku Inspektur Upacara.

Dalam sambutan tertulinya lebih lanjut Menhan mengatakan, memaknai Hari Ulang Tahun ke-74 TNI pada hakekatnya merupakan kesempatan atau momentum bagi TNI untuk merefleksikan dan mengevaluasi diri untuk meningkatkan kualitas perannya sebagai komponen utama dalam pertahanan negara.

Sejalan dengan tema pokok pada peringatan HUT Ke-74 TNI Tahun 2019 ini adalah TNI Profesional Kebanggaan Rakyat, hal ini mengandung makna yang tegas bahwa TNI dituntut terus profesional dalam setiap pelaksanaan tugas demi pengabdiannya kepada bangsa dan negara serta menjadi kebanggaan rakyat.

TNI senantiasa harus berpegang teguh pada jati diri TNI yaitu sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara profesional. TNI harus menjadi kekuatan yang terus disegani dan kekuatan yang selalu mengedepankan kepentingan rakyat.

Untuk itu, Kemhan terus memastikan bahwa program Pencapaian Postur TNI melalui pembangunan Minimum Essential Force (MEF) dalam rangka menghadapi ancaman berjalan dengan baik. Apabila Alutsista makin lengkap, makin modern, serta kemampuan dan profesionalisme TNI makin tinggi maka diyakini akan semakin memperlancar tugas-tugas operasional TNI.

Hal ini juga perlu didukung oleh peningkatan pemeliharaan dan perawatan Alutsista, pemenuhan sarana prasarana dan organisasi, dan kesejahteraan prajurit, serta pengembangan industri pertahanan”, tandas Menhan.

Menhan menambahkan, disamping penguatan dan modernisasi Alutsista, hal yang tidak kalah penting adalah peningkatan Sumber Daya Manusia TNI. Keunggulan Sumber Daya Manusia TNI akan sangat menentukan keberhasilan tugas di masa mendatang. Oleh karena itu, program-program pendidikan dan pelatihan akan ditingkatkan.

Bersamaan pelaksanaan Upcara Peringatan HUT Ke-74 TNI tersebut, Kemhan juga akan melepas 15 (lima belas) Personel yang akan memasuki masa purna tugas, yang terdiri dari 7 (tujuh) orang TNI dan 8 (delapan) orang PNS serta 3 (tiga) orang diantaranya telah meninggal dunia.(


KOMENTAR
Kontak Informasi
Redaksi : ekawdy77ads@gmail.com
Media Partner : ekawdy77ads@gmail.com
Iklan : jurnalpatroli2016@gmail.com, WA 081318185028