Jurnalpatrolinews - Palembang, Direktur JenderalPotensi Pertahanan Kemhan RI Prof. Dr. Ir. Bondan Tiara Sofyan, M.Si memberikan kuliah umum kepada para mahasiswa-mahasiswi Universitas Muhammadiyah Palembangdengan mengambil tema “Jadilah Kader Bela Negara Sejati”, Selasa (3/9) di Halaman Gedung Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Palembang.

Dirjen Pothan dalam sambutannya menyampaikan bahwa Bela Negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Esensi nilai-nilai Bela Negara terdiri dari cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, setia pada Pancasila sebagai Ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara serta memiliki kemampuan awal bela negara baik psikis maupun fisik.

Lebih lanjut Dirjen Pothan menyampaikan bahwa sebagai Kader Bela Negara para mahasiswa-mahasiswi harus dapat menjiwai rasa cinta tanah air dengan memahami sejarah yang ada juga mengenal tanah air dengan memakai produksi dalam negeri.

Selain mencintai produksi dalam negeri jadilah Mahasiswa-mahasiswi yang bebas dari Narkoba sebab hidup tanpa narkoba akan menjadikan generasi penerus yang dapat menjaga Pancasila dan keutuhan NKRI

Dirjen Pothan juga mengharapkan agar tetap selalu menjaga kekompakan satu sama lain antar Mahasiswa sehingga bahaya Proxy War yang saat ini mengancam bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia dapat diantisipasi dengan saling bersatu tanpa adanya perbedaan pola pikir sehingga Pancasila akan selalu tetap terjaga selamanya.


KOMENTAR