Selasa, 02 Juli 2019 18:21 WIB

BELA NEGARA

Kanwil Kemenhan Kaltim Gelar Pembinaan Resimen Mahasiswa

Beno - jurnalpatrolinews
Kanwil Kemenhan Kaltim Gelar Pembinaan Resimen Mahasiswa Foto : Istimewa

JurnalPatrolinews - Samarinda --- Kantor Wilayah Kementrian Pertahanan Negara RI Kaltim menggelar program "Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Melalui Pembinaan Resimen Mahasiswa Provinsi Kaltim 2019," bekerjasama dengan Universitas Tujuh Belas Agustus 1945 (Untag) Samarinda, Kamis lalu (27/6/2019).

Acara ini dihadiri Rektor Universitas Tujuh Belas Agustus, DR Marjoni Rachman, M.Si. Plt Kakanwil Kemenhan Kaltim Kolonel Inf Gema Repelita. SH., M.Si dan Komandan Menwa Samarinda Erwin, sebagai pembicara.

Marjoni mengatakan, sangat mengapresiasi kepada Kemenhan atas kegiatan yang dilakukan dalam menumbuhkan kesadaran terhadap ketahanan negara.

"Kami sangat mendukung kegiatan/program positif dalam membimbing kaum muda (mahasiswa) untuk menumbuhkan kesadaran serta kecintaan terhadap tanah air," ujarnya.

Untag Samarinda sendiri telah mengirim 6 orang ke Magelang pada tahun 2018 untuk ikut Pelatihan Pendidikan Dasar Bela Negara dan menjadi bagian dari resimen mahasiswa. Enam orang yang telah dikirim dalam mengikuti Pelatihan Pendidikan Dasar Bela Negara akan menjadi pionir kembali dan dapat merekrut teman-temannya untuk mengikuti langkah mereka menjadi resimen mahasiswa sesuai arahan Kemenhan.

"Dengan adanya kegiatan seperti ini. Saya berharap seluruh Universitas mempunyai resimen mahasiswa untuk dapat turut serta mengemban tugas dalam menjaga ketahanan negara,"  katanya.

Sementara itu. Kolonel Inf Gema Repelita mengaku bangga terhadap kaum muda yang masih peduli dan ingin mengembangkan wawasan dalam menjaga ketahanan negara.

Ia menyatakan, acara Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Melalui Pembinaan Menwa dan Pemuda di Provinsi Kaltim sangat penting guna meningkatkan kesadaran terhadap pertahanan serta menumbuhkan sifat disiplin, gotong royong dan toleransi.

Tidak hanya itu, dia berharap peserta yang hadir akan terus turut dalam acara pelatihan-pelatihan berikutnya dan mengajak temannya untuk bergabung dan resimen mahasiswa.

"Kedepannya saya berharap agar seluruh perguruan tinggi di Samarinda dapat membentuk resimen mahasiswa dan teman-teman mahasiswa ikut tergugah dalam bela negara," tutupnya.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 95 orang  yang terdiri dari pemuda FKPPI, PPM, Forum Masyarakat Peduli, Himpunan Mahasiswa Buton dan Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Buton dan delapan perguruan tinggi di Kaltim turut serta hadir dalam agenda Kemenhan ini, antara lain Universitas Muhammadiyah Kaltim (UMKT), Universitas Mulawarman Samarinda, IAIN Samarinda, Untag Samarinda, Stikes Wiyata Husada Samarinda, STMIK Wicida Samarinda, IKIP PGRI, dan Universitas Widyagama Samarinda serta dihadiri pula menwa Universitas Widyagama Samarinda dan Untag Samarinda. (vb/rdg)

 
 
 


KOMENTAR
Kontak Informasi
Redaksi : ekawdy77ads@gmail.com
Media Partner : ekawdy77ads@gmail.com
Iklan : jurnalpatroli2016@gmail.com, WA 081318185028