Rabu, 19 Desember 2018 18:55 WIB

BELA NEGARA

Kemhan Gelar Upacara Peringatan Hari Bela Negara Ke-70 dan Hari Ibu Ke-90

Ferdinand Mannopo - jurnalpatrolinews
Kemhan Gelar Upacara Peringatan Hari Bela Negara Ke-70 dan Hari Ibu Ke-90 Foto : Ist

Jurnalpatrolinews - Jakarta -- Diikuti segenap Pegawai dan Pejabat di Lingkungan Kementerian Pertahanan, Kemhan menggelar Upacara Peringatan Hari Bela Negara Ke-70 Tahun 2018 sekaligus Peringatan Hari Ibu Ke-90 Tahun 2018, Rabu (19/12) di kantor Kemhan, Jakarta. Bertindak menjadi Inspektur Upacara dalam upacara tersebut, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Kabalitbang ) Kemhan Dr. Anne Kusmayati, M.Sc.

Dalam amanat tertulisnya yang dibacarakan oleh Inspektur Upacara, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menyampaikan bahwa melalui peringatan Hari Bela Negara yang diperingati setiap tanggal 19 Desember mengajak seluruh warga negara Indonesia untuk senantiasa menjaga nilai-nilai kesadaran bela negara sejak dini untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air.

“Hari ini tanggal 19 Desember 2018, kita memperingati Hari Bela Negara yang dilaksanakan secara serentak diseluruh tanah air. Bela Negara merupakan sikap yang penting untuk ditanamkan kepada seluruh warga negara dalam membangun daya tangkal bangsa. Bela Negara dapat diaktualisasikan oleh setiap warga negara sesuai peran dan profesi masing – masing”, tutur Menhan.

Lebih lanjut Menhan mengatakan, antusiasme masyarakat dalam kegiatan Bela Negara sangat tinggi, dan ini menjadi tantangan bagi Kemhan untuk meningkatkan perangkat pendukung pembinaan kesadaran bela negara tersebut.

Hingga tahun 2018, Kemhan telah melaksanakan program Pembinaan Kesadaran Bela Negara dan telah terbentuk 83,4 juta orang Kader Bela Negara dari target 100 juta pada tahun 2024.

Sementara itu berkaitan dengan peringatan Hari Ibu yang diperingati setiap tanggal 22 Desember, Menhan mengatakan bahwa pada dasarnya merupakan moment untuk tetap mengenang dan menghargai perjuangan kaum perempuan Indonesia.

Tema Nasional Peringatan Hari Ibu adalah “Bersama Meningkatkan Peran Perempuan dan Laki-Laki Dalam Membangun Ketahanan Keluarga Untuk Kesejahteraan Bangsa”. Menurut Menhan, tema ini mengajak segenap warga Kemhan untuk saling bersinergi sesuai perannya masing-masing dalam membangun ketahanan keluarga.

“Peringatan Hari Ibu Ke-90 Tahun 2018 ini dapat mendorong semua perempuan Indonesia termasuk perempuan Kemhan untuk maju terus, mampu menjadi sosok yang mandiri, kreatif, inovatif, percaya diri dan meningkat kualitas dan kapabilitas, sehingga bersama laki-laki menjadi kekuatan yang besar dalam membangun keluarga, masyarakat dan bangsa”, jelas Menhan.

Peran keluarga menjadi salah satu yang diharapkan dapat menjadi bagian utama atau pilar untuk mencegah terjadinya perilaku negative melalui penanaman nilai – nilai, karakter dan budi pekerti. Ketahanan keluarga sekaligus menjadi pondasi dalam menerapkan kehidupan yang harmonis, damai dan religious. Hal ini tentunya akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan bangsa.

Bersamaan dengan pelaksanaan Upacara tersebut, Keluarga Besar Kemhan melepas 20 orang Pegawai Kemhan yang akan memasuki masa purna tugas, terdiri dari 6 orang TNI dan 14 orang PNS, 7 orang diantaranya telah meninggal dunia. (Rdk)


KOMENTAR