Sabtu, 01 Juni 2019 12:20 WIB

BELA NEGARA

Staf Ahli Bidang Politik Kementerian Pertahanan Memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019

Ferdinand Mannopo - jurnalpatrolinews
Staf Ahli Bidang Politik Kementerian Pertahanan Memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019 Foto : Ist

Jakarta – Staf Ahli Bidang Politik Kementerian Pertahanan Laksda TNI Ir. A. Budiharja Raden Memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019, Sabtu (1/6) di Lapangan Bhineka Tunggal Ika Kemhan RI Jakarta.

Pancasila sebagai dasar Negara, Ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para “pendiri bangsa” merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia.

“Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan”tegas Staf Ahli Bidang Politik

Lebih lanjut Staf Ahli Bidang Politik Kemhan menyampaikan berkat Pancasila yang berkelindan dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong-royong keberagaman yang ada menjadi suatu berkah. Berkat Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan “Bhineka Tunggal Ika”.

Sebagai bangsa besar kita tidak akan meninggalkan sejarah, apa yang oleh Bung Karno pernah disebut “Jas Merah”. Untuk menghormati jasa pendiri bangsa sekaligus meneguhkan komitmen terhadap ideologi negara itulah kita memperingati hari kelahiran Pancasila sebagai salah satu kebanggaan nasional (national pride).

Staf Ahli Bidang Politik juga menyampaikan peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni bukan sesuatu yang terpisah dari momentum perumusan “Piagam Jakarta” oleh “Panitia kecil” tanggal 22 Juni dan pengesahan Pancasila dalam Pembukaan UUD 1945 oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) tanggal 18 Agustus 1945. Jadi 3 peristiwa penting tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan.

Dengan demikian diharapkan perdebatan tentang kelahiran Pancasila sudah tidak diperlukan lagi. Yang diperlukan mulai saat ini adalah bagaimana kita semua mengamalkan dan mengamankan Pancasila secara simultan dan terus menerus. 


KOMENTAR
Kontak Informasi
Redaksi : ekawdy77ads@gmail.com
Media Partner : ekawdy77ads@gmail.com
Iklan : jurnalpatroli2016@gmail.com, WA 081318185028