12.000 Personel Kepolisian Dikerahkan Amankan 23 Pilkada Se-Sumut

JurnalPatroliNews – Medan – Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Martuani Sormin mengatakan ada 12.000 personel kepolisian yang dikerahkan untuk pengamanan Pilkada 2020 di 23 kabupaten/kota se-Sumut. Dia mengatakan polisi dibantu oleh TNI dalam pengamanan Pilkada 2020.

“Seluruh personel Polri 12.000 yang dilibatkan kami di-back up oleh Kodam I Bukit Barisan dengan jajaran Korem, Kodim itu hampir 6.500 personel dan sudah digeser ke TPS untuk melaksanakan pengamanan. Yang paling jauh di Nias Selatan sudah berangkat hari Sabtu kemarin,” kata Martuani di Medan, Selasa (8/12/2020).

Martuani dan Pangdam I BB/Mayjen Hassanudin juga telah melepas patroli gabungan untuk pengamanan Pilkada 2020. Pelepasan ini dilakukan di area Lapangan Benteng, Medan.

Martuani berharap patroli gabungan Polri dan TNI bisa menjaga suasana tetap kondusif. Dia meminta warga tak ragu datang ke TPS untuk menggunakan hak pilih pada Pilkada 2020 besok.

“Ini bermaksud untuk memberikan rasa kondusifitas kepada seluruh warga Kota Medan dalam rangka melaksanakan Pilkada Kota Medan. Sekaligus kami mengimbau kepada masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dalam rangka pesta demokrasi di Pemilihan Wali Kota Medan,” ujar Martuani.

Mayjen Hassanudin mengatakan pihaknya ikut mendukung pengamanan sesuai permintaan dari Kapolda Sumut. Dia meminta warga yang datang ke TPS tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Kami dari Kodam sudah siap mendukung sesuai dengan permintaan rencana operasi yang digelar oleh Kapolda dalam kegiatan ini. Kami yakinkan bahwa masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya secara maksimal dan yakinilah kegiatan ini bisa terlaksana dengan tertib dan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” ujar Hassanudin.

(dtk)

Komentar