121 Ton Sampah Diangkut dari Kali BKB Season City, Ada Sofa-Bambu

JurnalPatroliNews – Jakarta – Petugas UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup terus mengangkut sampah di Kali Banjir Kanal Barat (BKB) Season City, Tambora, Jakarta Barat (Jakbar). Hingga siang ini, sekitar 120 ton sampah sudah diangkut.

“Dalam penanganan ini sampah sebagian sudah terangkut pada hari pertama 210 m3 dan hari kedua 105 m3 dengan jumlah 315 m3 (121 ton sampah lebih) untuk dibuang ke TPST Bantar Gebang,” kata petugas bidang media UPK Badan Air DKI, Endriyanto, Sabtu (15/8/2020).

Dia mengatakan hingga siang ini petugas masih membersihkan sampah di lokasi. Dia mengatakan sampah sebanyak ini muncul setelah hujan deras Jumat (14/8) kemarin.

“Penanganan sampah pasca hujan yang mengguyur hari Kamis sore kemarin hingga malam di Jakarta dan sekitarnya. (Sampah) Kiriman dari daerah,” ujarnya.

Penanganan sampah dilakukan 8 personel petugas dengan menggunakan 2 unit alat berat ekskavator, 1 unit perahu, dan 11 armada pengangkut sampah. Penanganan sampah dilakukan hingga kondisi bersih sebagai upaya antisipasi banjir.

“Dalam kegiatan ini sampah-sampah yang mendominasi antara lain kantong plastik, kayu, bambu, sofa atau kursi, botol plastik dan masih banyak lagi yang lainnya,” sebutnya.

UPK Badan Air juga membersihkan sampah di Pintu Air Manggarai, PHB Cosmos Kebon Jeruk Jakarta Barat, dan Kali Cengkareng Drain Pintu Air. Sampah di lokasi tersebut sempat memenuhi dan menutup aliran air.

(dtk)