2016 Pernah Digusur, Masuk Katagori Zona Merah. Saran Ahok Ke Anies Baswedan : Kembalikan Kampung Akuarium Menjadi Pasar

Jurnalpatrolinews – Jakarta – Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menyarankan pemerintah DKI membangun kawasan Kampung Akuarium sebagai cagar budaya di Penjaringan, Jakarta Utara.

“Pemda bisa bangun jadi kawasan milik pemerintah untuk kawasan cagar budaya dan Kota Tua,” kata Ahok melalui pesan teks, Kamis, 20 Agustus 2020.

Kawasan itu masuk kategori zona merah milik pemerintah daerah atau berkode P3.

Ahok menyarankan Gubernur DKI Anies Baswedan mengembalikan peruntukan kawasan itu sesuai dengan konsep cagar budaya sebelumnya ketimbang daripada membangun sebuah kampung susun. Menurut Ahok, awalnya di kawasan itu terdapat pasar Akuarium dan Hexagonal berikut gudangnya.

Dengan membangun kembali kawasan pasar itu maka UNESCO masih akan menerima tempat itu sebagai warisan sejarah cagar budaya. Selain itu, bangunan milik PD Pasar Jaya juga masih bisa digunakan pedagang makanan dan sovenir.

“Setahu saya bila melihat Pergubnya semua sudah ada (konsep pembangunan) sampai Pelabuhan Sunda Kelapa, Waduk Pluit dan Pasar Muara Angke,” kata Ahok. (lk/*)

Komentar