2021 Sulut Meroket, Begini Harapan Gubernur Sulawesi Utara untuk 2022

JurnalPatroliNews – Manado,- Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey memanjat puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas anugerah dan perlindungan sepanjang tahun 2021.

Melalui pidato resmi Olly Dondokambey di malam tahun baru, gubernur mewakili Pemerintah Provinsi Sulut, mengucapkan selamat Tahun Baru 2022 kepada semua masyarakat.

“Kiranya aktifitas kehidupan kita semakin pulih pada 2022, dan dapat melakukan Tindakan-tindakan lebih baik lagi dalam kehidupan bermasyarakat, dan bagi pembangunan daerah,” kata Olly Dondokambey.

Dikatakan, meskipun kehidupan masih diselimuti pandemi Covid-19, Olly bersyukur karena  masih mampu menjaga stabilitas daerah.

Bahkan capaian positif dalam progres pembangunan, dan banyaknya prestasi membuat Sulut meroket di tahun 2021.

“Antara lain perekonomian daerah yang tetap bertumbuh. Setelah 2020 mengalami kontraksi, 2021 semakin membaik,” beber Olly.

Dikatakan, secara kumulatif pada triwulan 3 tahun 2021 mencapai 4,45%.

Sementara Nilai Tukar Petani dan Nilai Tukar Usaha Pertanian Sulut turut meningkat.

Di November NTP 110,80 sementara NTUP 110,55.

Lanjut Olly, Pemprov juga mampu menjaga harga komoditas cengkih pada angka Rp125.000  per kg dan Rp14.000 per kg untuk kopra.

“Kita semua, segenap komponen pembangunan di daerah ini, tetap konsisten melakukan ekspor komoditi unggulan. Pada Agustus 2021, melepas ekspor dengan enam komoditi senilai Rp63 Miliar di Pelabuhan Bitung,” jelasnya

Disisi lain, kata gubernur, pencapaian 2021 diantanya opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI).

Dimana dengan raihan itu, membuat Sulut mendapatkan WTP tujuh kali berturut-turut, sebagai bukti komitmen pemerintah yang mengutamakan transparansi pengelolaan keuangan.

“Kami juga mendapat predikat kedua dalam upaya pencegahan korupsi di Indonesia, yakni pencapaian Monitoring Control for Prevention (MCP) atau pemantauan kontrol untuk pencegahan,” ujar gubernur.

Tidak sampai disitu, progres pembangunan dan kemajuan daerah juga berhasil dengan peresmian RSUD Provinsi, Rumah Sakit Khusus Mata, dan RSJ Prof. Dr. V. L. Ratumbuysang dan sarana Pendidikan SMA Negeri 1 Guru Lombok di Minahasa Utara.

Di sektor insfrastruktur transportasi, adalah tuntasnya Jalan Tol Manado-Bitung.

Di tahun 2021, kegiatan-kegiatan dalam hal pengendalian dan percepatan penanggulangan pandemi Covid-19 secara konsisten dilakukan.

“Hingga kita berhasil menekan laju transmisi corona, meski Bandara Sam Ratulangi dipercayakan sebagai salah satu pintu masuk penerbangan luar negeri ke Indonesia,” tutur gubernur.

Lewat momentum pergantian tahun, Olly menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh masyarakat.

Menjadi harapan pula, agar publik Sulut tetap berkomitmen  mendukung penuh upaya pemerintah dalam pengendalian dan percepatan penanganan pendemi Covid-19.

“Dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, serta mendukung vaksinasi. Lebih dari itu, mari kita tetap junjung tinggi persaudaraan di tengah kehidupan bermasyarakat, dan tetap saling mengingatkan bahwa Torang Samua Ciptaan Tuhan, yang harus saling mengasihi,” harap Olly.

Gubernur menambahkan, melalui reformasi sosial, ketahanan pangan dan pembangunan infrastruktur, sebagaimana arah pembangunan 2022, Olly mengajak semua elemen gotong-rotong membawa Sulut lebih maju dan sejahtera.

(Alfrits Semen)

Komentar