21 Kapal Cari KRI Nanggala-402, Panglima TNI dan Kapolri Pantau Langsung

JurnalPatroliNews – Bali,- Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo akan memantau langsung pencarian kapal selam KRI Nanggala 402 yang hilang di perairan Bali. 

Sementara, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono sudah berangkat terlebih dahulu menuju KRI Soeharso untuk turut memantau pencarian kapal tersebut.

“Bapak Panglima TNI serta Kapolri siang ini juga akan berangkat juga ke sana untuk memantau atau mengikuti proses pencarian secara langsung,” kata Kapuspen TNI Mayjen Achmad Riad di Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai, Bali, Jumat (23/4).

Setidaknya 21 kapal telah dikerahkan untuk menyisir perairan utara Bali. Menurutnya, jumlah ini juga termasuk mengerahkan kapal selam KRI Alugoro.

“Totalnya 21 unit KRI termasuk KRI Alugoro, yaitu kapal selam juga,” ujar Riad.

Pihak Polri juga turut membantu dalam melakukan pencarian kapal selam KRI Nanggala-402.

“Kita juga mendapat perbantuan dari kepolisian sebanyak empat kapal yakni kapal Gelatik, Enggang, Barata, dan Balam,” bebernya.

Sementara itu, kapal-kapal dari negara sahabat seperti Australia, dan India saat ini sedang dalam perjalanan menuju ke lokasi. Diperkirakan akan tiba pada sore atau malam.

“Ini ada MV Swift, kemudian Mega Bakti dalam perjalanan, Ballarat dari Australia, kemudian (HMAS) Sirius Australia, dan satu kapal India, dan kita harapkan pesawat Poseidon bisa juga segera merapat,” tandasnya.

Operasi pencarian atas KRI Nanggala-402 yang hilang di perairan utara Bali pada Rabu (21/4) terus dilakukan di tengah makin menipisnya persediaan oksigen di kapal selam TNI Angkatan Laut itu.

(askara)

Komentar