4 Striker Hebat Pengguna Nomor Punggung 9 di Barcelona, Merasa Beban Mental Enggak Martin Braithwaite?

JurnalPatroliNews – Jakarta – Martin Braithwaite resmi diserahi nomor punggung 9 di Barcelona musim ini. Nomor tersebut merupakan nomor punggung ikonik, tercatat penyerang-penyerang hebat yang pernah menggunakannya di sepanjang sejarah Tim Catalan.

Sebelumnya nomor 9 ini digadang-gadang akan digunakan Memphis Depay, namun transfer urung terjadi sehingga nomor ini pun masih kosong. Kejutan pun disajikan Barcelona, karena pemainnya Martin Braithwaite yang musim lalu menggunakan nomor 19 kini mengambil alih nomor 9.

Nomor 9 Barcelona pun identik dengan sosok penyerang di tim inti Barcelona, hal yang tidak didapatkan Martin Braithwaite. Musim lalu dirinya tidak banyak dilibatkan Barcelona, Braithwaite hanya mampu tampil sebanyak 11 kali dengan raihan satu gol.

Di dua laga awal Barcelona musim ini Braithwaite juga belum mendapatkan kesempatan bermain. Menarik ditunggu apakah selanjutnya Braithwaite bisa melanjutkan kegemilangan pemain nomor 9 Barcelona seperti sebelum-sebelumnya.

Untuk melihat perbandingan pemain nomor 9 di Barcelona, berikut ulasan pemain dengan nomor serupa sebelum Braithwaite.

Luis Suarez

Barcelona tertarik mendatangkan Luis Suarez yang menjadi mesin gol bersama Liverpool di Liga Inggris. Luis Suarez resmi berseragam Barcelona pada 2014 usai dipinang dengan mahar mencapai 81,72 juta euro.

raithwaite secara mengejutkan menjadi pewaris nomor 9 Barcelona. Dikatakan mengejutkan karena sebelumnya nomor tersebut digunakan oleh Luis Suarez yang kini menjadi top skorer ketiga sepanjang masa Barcelona.

Selama enam musim membela Barcelona, Luis Suarez berhasil mencetak 195 gol dan 113 assists dari 283 kali penampilannya. Luis Suarez di setiap musimnya selalu menjadi andalan Barcelona selain Lionel Messi.

Dirinya juga merupakan pemutus dominasi Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi untuk gelar El Pichichi di musim 2015/16 dengan 40 golnya. Musim lalu pun Suarez masih mampu mencetak 21 gol di tengah musim buruknya Barcelona sebelum akhirnya dilego ke Atletico Madrid.

Alexis Sanchez

Alexis Sanchez.

Sebelum adanya trio Messi, Neymar dan Suarez, Barcelona memiliki trio dalam diri Alexis Sanchez, Messi, dan Pedro. Sanchez yang didatangkan dari Udinese pada 2011 menggunakan nomor punggung 9.

Meskipun hanya tiga musim berada di Barcelona, Alexis Sanchez memiliki memori yang indah di Barcelona. Dia merupakan pemain reguler Barcelona kala itu dan berhasil meraih enam gelar termasuk dua gelar La Liga.

Selama tiga musim Alexis Sanchez mencatatkan 141 kali penampilan dengan raihan 46 gol dan 37 assists. Di klub tersebut juga Alexis Sanchez mulai mencuat dan merasakan kejayaan di karirnya.

Zlatan Ibrahimovic

Zlatan Ibrahimovic pernah membela Barcelona rentang 2009-2011.

Satu lagi nama besar yang menggunakan nomor 9 di Barcelona adalah Zlatan Ibrahimovic. Karir Ibrahimovic selalu berdekatan dengan kesuksesan, namun di Barcelona Ibrahimovic dianggap kurang memberikan penampilan terbaiknya.

Munculnya nama Bojan dan perselisihannya dengan Josep Guardiola yang membuat karirnya berjalan sebentar di Blaugrana. Selama membela Barcelona, Ibrahimovic bukannya tidak tajam, meskipun kurang bahagia dia berhasil mencetak 22 gol dan 12 assists di 46 kali penampilannya.

Samuel Eto’o

Samuel Eto’o menjadi predator mematikan bersama Barcelona pada tahun 2004-2009. Selama lima musim berkostum Barcelona, Eto’o mencatatkan 130 gol dari 199 penampilan di berbagai kompetisi.

Sebelum Zlatan nomor 9 digunakan oleh Samuel Eto’o yang juga merupakan andalan Blaugrana untuk urusan mencetak gol. Eto’o bersama Messi sempat berada di trio Ronaldinho–Eto’o– Messi dan Henry –Eto’o–Messi.

Selama lima musim dari 2004, Eto’o bergelimang gelar bersama Barcelona termasuk dua gelar Liga Champions dan tiga gelar La Liga. Di Barcelona juga dirinya mendapatkan penghargaan pemain terbaik Afrika tahun 2005.

Selama membela Barcelona, Samuel Eto’o berhasil mencatatkan 199 kali penampilan dengan raihan gol 130 serta 40 assists.

(bn)

Komentar