80 Kasus Positif COVID-19 Ditemukan di Tebet dan Petamburan, Ini Saran Kemenkes

JurnalPatroliNews – Jakarta – Kementerian Kesehatan RI mengungkap temuan hasil tracing COVID-19 dari sejumlah aktivitas pengerahan massa dua pekan terakhir. Total 80 kasus positif ditemukan di Tebet dan Petamburan.

Hal itu diungkap dr H Muhammad Budi Hidayat, M.Kes, Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI dalam konferensi pers di BNPB, Minggu (22/11/2020).

“Dari hasil tracing dan testing pada sejumlah kejadian tersebut, berdasarkan data per 19 November, berdasarkan hasil pemeriksaan PCR di Labkesda 21 November 2020, ditemukan di Tebet total 50 kasus positif dan di Petamburan sebanyak 30 kasus,” kata dr Budi.

“Dan di Megamendung terdapat 15 sedang menunggu pemeriksaan,” lanjutnya.

Kemenkes menyarankan semua orang yang mengikuti rangkaian acara tersebut untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Imbauan yang sama juga berlaku bagi siapapun yang telah kontak erat dengan peserta kegiatan.

“Kami mengimbau bagi masyarakat yang telah kontak erat dan mengikuti kegiatan di Bandara Soekarno-Hatta, Petamburan, Tebet, dan Megamendung, agar segera melakukan isolasi mandiri,” kata dr Budi.

“Apabila bergejala, segera periksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan,” pesannya.

Sejumlah kegiatan yang melibatkan kerumunan massa tengah menjadi sorotan belakangan ini. Dimulai dari kepulangan Habib Rizieq Shihab di Bandara Internasional Soekarno Hatta, hingga peringatan Maulid Nabi dan pernikahan anak Habib Rizieq.

(*/lk)

Komentar