AHY Tokoh Terkuat Disokong Joe Biden Menangi Pilpres 2024, Analis ASI : Bukan JK

  • Whatsapp
Ketum Partai Demokrat, Agus harimurti Yudhoyono/Net

JurnalPatroliNews – Jakarta, Bukan Jusuf Kalla, tokoh politik Indonesia yang paling memungkinkan dapat memanfaatkan dilantiknya Joe Biden sebagai Presiden Amerika Serikat adalah Agus Harimurti Yudhoyono.

Demikian analisa Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia (ASI), Ali Rif’an kepada rekan media, Sabtu (23/1).

Bacaan Lainnya

Menurut Ali Rif’an, alasan mengapa Ketua Umum Partai Demokrat itu paling mungkin karena mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sejak awal merupakan politisi yang american style.

Berbeda dengan Joko Widodo, Ali Rif’an mengatakan, saat maju pada pemilihan Pilpres 2004, SBY nampak didukung penuh oleh Partai Demokrat.

Apalagi di Partai Demokrat di Indonesia berisi tim inti yang juga berasal dari lulusan Amerika Serikat.

“Yang paling mungkin AHY, bukan JK (Jusuf Kalla). Thinktanknya merata lulusan AS, SBY lebih kuat karena sejak awal kiblatnya AS, dia nampak american style,” demikian kata Ali Rif’an kepada rekan media, Sabtu (23/1).

Lebih lanjut, mantan Manajer Riset Poltracking itu menganalisa bahwa AS dalam setiap momen elektoral pilpres di Indonesia akan melakukan ekspansi dan dukungan pada calon tertentu.

AS, kata Ali Rif’an akan berupaya mendukung calon tertentu apabila kandidat yang dirasa akan menganggu kontrak kerja investasi di Indonesia berisiko terganggu.

“Hampir semua kandidat capres, pasti ada koneksi dengan AS. Makanya setiap kontestasi elektoral di Indonesia bisa dipastikan mereka bermain,” pungkas Ali Rif’an.

(*/lk)

Pos terkait