Aktor James Bond Sir Sean Connery Meninggal di usia 90 tahun

Jurnalpatrolinews – Edinburg : Sean Connery, aktor Skotlandia yang pertama kali memerankan agen rahasia Inggris James Bond di layar lebar, dikabarkan meninggal pada usia 90 tahun.

Connery meninggal semalam dalam tidurnya saat berada di Bahama, menurut laporan BBC pada hari Sabtu. Dia telah “tidak sehat selama beberapa waktu,” kata putranya.

Film lain yang Connery dikenal termasuk The Untouchables (di mana ia memenangkan Academy Award untuk Aktor Pendukung Terbaik) The Rock, Murder on the Orient Express, Indiana Jones and the Last Crusade,  dan The Hunt for Red October .

Dia adalah penerima pengakuan internasional, setelah menerima beberapa Golden Globes dan dua Penghargaan Film Akademi Inggris (BAFTA) selain Oscar-nya.

Menteri Pertama Skotlandia Nicola Sturgeon mengatakan dia “patah hati” saat mengetahui kematian Connery. 

Dia melanjutkan: “Dia adalah legenda global tetapi, pertama dan terutama, seorang Skotlandia yang patriotik dan bangga – kehadirannya yang menjulang tinggi pada pembukaan Parlemen Skotlandia pada tahun 1999 menunjukkan cintanya pada negara kelahirannya. Sean adalah pendukung seumur hidup dari Skotlandia yang merdeka dan kami yang memiliki keyakinan itu berhutang budi padanya. “

Komentar