Andre Rosiade Minta Pemerintah Perjelas Info soal Vaksin COVID-19

JurnalPatroliNews – Jakarta, Anggota DPR Fraksi Partai Gerindra Andre Rosiade meminta pemerintah memperjelas dan memastikan informasi soal vaksin COVID-19. Menurutnya, informasi soal vaksin masih kerap kali berubah-ubah.

“Soal vaksin ini perlu segera dipastikan oleh pemerintah. Setelah saya berkeliling saat reses, masyarakat ini sudah sangat ingin divaksin, ada kegelisahan yang saya tangkap soal informasi vaksin ini,” kata Andre dalam keterangan tertulis, Jumat (6/11/2020).

Andre mengatakan setidaknya ada tiga informasi yang perlu diperjelas oleh pemerintah. Pertama, yaitu soal benar-tidaknya seluruh peserta BPJS Kesehatan akan divaksin gratis.

“Yang kedua, kapan dimulainya. Awalnya ada informasi bulan November, tapi kemudian pekan ketiga Desember. Nah, ini yang harus dipastikan,” ungkap wakil rakyat asal Sumatera Barat ini.

Ketiga, kata dia, yaitu soal kepastian bahwa pemerintah benar-benar sudah mendapatkan vaksin yang diperlukan. Di tahap awal vaksinasi di dunia, Andre yakin banyak negara berebut vaksin yang sudah lolos uji.

“Kita butuh kepastian dari Kemenkes. Kapan eksekusinya, jangan sampai kita kehilangan kuota. Padahal Presidennya sudah memerintahkan bekerja cepat, jangan sampai itu tidak ditanggapi dengan baik,” kata Andre.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan vaksinasi COVID-19 mungkin akan dimulai pada minggu ketiga Desember 2020. Awalnya, rencana vaksinasi yaitu di bulan November, namun memang Luhut pernah bicara kemungkinan molornya vaksin.

“Kami akan melakukan vaksinasi di minggu ketiga Desember,” kata Luhut dalam paparan pada acara The 7th Singapore Dialogue on Sustainable World Resources (SDSWR) beberapa waktu lalu.

Luhut mengatakan saat ini tengah dilakukan uji klinis fase ketiga di Bandung, Jawa Barat, yang dikembangkan Sinovac dan Bio Farma. Untuk bisa melakukan vaksinasi, pemerintah Indonesia juga akan menggunakan persetujuan penggunaan darurat (emergency use authorization/EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

(dtk)

Komentar