Aparat Harus Tegas, KSP Sebut, Sepanjang Januari-Maret 13 Orang Tewas Ditembak KKB

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Kantor Staf Kepresidenan (KSP) mengecam keras penembakan yang menewaskan delapan warga sipil oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua, Rabu (2/3/2022).

KSP menyebutkan, sepanjang Januari hingga awal Maret 2022, tercatat setidaknya ada tujuh tindak pidana yang dilakukan KKB di beberapa distrik di Provinsi Papua.

Kejadian-kejadian tersebut memakan total 18 korban dengan rincian 13 korban meninggal dunia dan 5 korban luka-luka. Korban mencakup anggota TNI dan masyarakat sipil.

“Kami juga menyampaikan duka cita yang mendalam kepada keluarga dari para petugas PTT yang menjadi korban,” kata Deputi V Kantor Staf Kepresidenan, Jaleswari Pramodhawardani, Minggu (6/3/2022).

Dia mengatakan, para petugas sejatinya telah memperjuangkan persatuan dan kesatuan bangsa kita dengan menjaga jaringan konektivitas.

“Saya meminta agar para aparat terkait melakukan penegakan hukum secara tegas, tuntas, dan proporsional atas tindak pidana tersebut,” ungkap Jaleswari.

Dia menjelaskan, penembakan terhadap delapan karyawan Palapa Ring Timur Telematika (PTT) terjadi saat mereka sedang memperbaiki Tower Base Transceiver Station (BTS) 3.

“Saya mengecam tindak pidana yang diduga dilakukan oleh KKB di kabupaten Puncak, provinsi Papua. Seluruh korban sedang melaksanakan tugas mereka demi mempermudah akses komunikasi masyarakat dan justru mendukung kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan akses komunikasi dan konektivitas sehingga memudahkan kegiatan pendidikan, kesehatan, dan ekonomi warga,” kata Jaleswari.

Komentar