Awas Digunakan Buat Beli Rokok, Mensos Risma Bakal Evaluasi Penerima Bansos

  • Whatsapp
Foto: Pelantikan Menteri Baru Jokowi./Net

JurnalPatroliNews – Jakarta, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta seluruh elemen masyarakat yang menerima segala bentuk bantuan sosial dari pemerintah dapat mempergunakan dana bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya.

Pesan tersebut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy saat menghadiri rapat terbatas bersama Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Bacaan Lainnya

“Presiden sudah wanti-wanti untuk tidak menggunakan [bantuan] untuk membeli rokok. Jadi bantuan ini tidak boleh sama sekali membeli rokok,” kata Muhadjir, Selasa (29/12/2020).

Menteri Sosial Tri Rismaharini menegaskan akan mengevaluasi lebih jauh apabila ditemukan masyarakat penerima bantuan dari pemerintah yang menggunakan dananya untuk hal yang dianggap tidak berguna.

Bukan tidak mungkin, para penerima bantuan akan dihapus dari daftar penerima.

“Kami akan bicarakan bila hal itu terjadi. Kami akan lakukan evaluasi untuk penerima bantuan karena sekali lagi jangan sampai bantuan ini untuk kesehatan, malah jadi masalah karena digunakan untuk rokok,” kata Risma.

Risma mengatakan, pemerintah saat ini akan menyiapkan sebuah aplikasi yang nantinya bisa memantau aktivitas penggunaan bantuan sosial yang sudah diterima masyarakat. Rencananya, aplikasi ini akan digunakan mulai Februari 2021.

“Insya Allah Februari kami siapkan tools untuk mengetahui uang itu dibelanjakan apa saja. Saya harap sekali lagi itu berpengaruh terhadap rencana-rencana pemerintah. Jangan beli rokok, lalu sakit,” katanya.

(*/lk)

Pos terkait