Bahas Agenda Krusial, Rapim TNI/Polri 2021 Digelar Tertutup

  • Whatsapp
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto./Net

JurnalPatroliNews – Jakarta, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memimpin rapat tertutup dalam agenda Rapim TNI-Polri 2021 di Ruang Pertemuan Utama (Rupatama) Mabes Polri, Senin (15/2).

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono mengatakan rapat tersebut akan membahas dua isu besar yang menjadi fokus kebijakan TNI/Polri sepanjang 2021 mendatang, khususnya selama masa pandemi Covid-19.

Bacaan Lainnya

“Soliditas TNI-Polri, penanganan covid-19, pemulihan ekonomi nasional (PEN),” kata Rusdi saat dikonfirmasi, Senin (15/2).

Rapat itu sendiri digelar secara tertutup tanpa peliputan awak media. Berdasarkan susunan acara yang diterima, rapat digelar pukul 08.00 WIB dan berakhir pada 16.35 WIB.

Rapat dijadwalkan turut dihadiri oleh sejumlah pejabat setingkat menteri. Misalnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani yang akan memberi pemaparan terkait kebijakan Kemenkeu dalam isu pertahanan dan keamanan dalam mendukung tugas pokok TNI/Polri.

Kemudian, rapat turut dihadiri oleh Ketua Komite PC-PEN sekaligus Menteri BUMN, Erick Thohir. Dia akan memaparkan mengenai program penanggulangan Covid-19 serta pemulihan ekonomi untuk 2021 mendatang.

Lalu, Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik mengakhiri Rapim TNI-Polri 2021 dengan membawakan topik ‘Isu Strategis Hak Asasi Manusia dan Tantangan Dalam Pemulihan Hak Asasi Manusia Terhadap Pelaksanaan Tugas TNI-Polri’.

Rapim TNI-Polri menjadi kali pertama Listyo memimpin Polri dalam rapat besar dengan TNI usai resmi menjabat Kapolri pada Januari lalu.

Listyo sendiri sudah beberapa kali melakukan pertemuan dengan sejumlah petinggi TNI, termasuk Panglima TNI pada Minggu (31/1) lalu.

Menurut Listyo, saat ini memang banyak kerja sama maupun penugasan TNI-Polri dalam hal pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Termasuk, kata dia, mengenai penegakan aturan protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19) di masyarakat.

“Dalam kesempatan ini kami terus berkomitmen agar sinergitas dan solidaritas TNI-polri terus akan menjadi lebih baik, lebih solid,” kata Listyo kala itu.

(*/lk)

Pos terkait