Bakal Tayang di Publik, Jokowi Ancam Pimpinan Daerah yang Bandel Soal Serap Produk Dalam Negeri!

Presiden Jokowi ( Foto: Biro Setpres)

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mempertanyakan komitmen pemerintah daerah dan pimpinan Kementerian/Lembaga dalam menyerap penggunaan produk dalam negeri. Pasalnya, hingga kini realisasinya masih minim.

Jokowi pun mengancam pimpinan daerah dan K/L yang lamban bakal ditunjukkan kepada publik. Namun saat ini Ia masih bersabar.

Bacaan Lainnya

“Ini Pemda mana, ini Kementerian mana, ini lembaga mana, biar kapok, tayangkan. mana komitmennya? Ini komitmen, Rp 802 triliun realisasi Rp 110 triliun. Tak tunjukin nanti. Ini tapi masih sabar saya. Jangan dulu. tunggu dulu,” kata Jokowi dalam arahannya pada Gerakan Bangga Buatan Indonesia, Selasa (24/5/22).

Meski demikian, jika kepala daerah sampai tetap masih lamban maka ancaman itu bakal berbuntut panjang.

“Tapi nanti September atau Oktober kita ketemu lagi, saya tayangkan semuanya. Ini DKI Jakarta, ini Aceh, ini Sulawesi Selatan, Ini Jawa Tengah, ini Jawa Timur, ini Kabupaten A, Kabupaten B, kota A, kota B, Ku hafal semuanya nanti,” ujar Jokowi.

“Dibuka semuanya, kita biar ngerti semuanya. Mana yang memiliki komitmen terhadap bangsa dan negara untuk membeli produk-produk dalam negeri dan mana yang senangnya beli produk asing, akan kelihatan nanti,” lanjutnya.

Akan sangat mudah mengetahui kepala daerah yang berkomitmen atau tidak pada penggunaan produk dalam negeri. Jokowi pun mendorong agar setiap pimpinan kepala daerah dan K/L agar memiliki perasaan yang sama.

“Sekali lagi, kita harus memiliki perasaan yang sama, kepekaan yang sama, terhadap situasi yang sangat tidak mudah ini. Dan ini akan ringan kalau kita Gotong bersama-sama, kita angkat bersama-sama, dan kita harapkan betul-betul ini menetas dengan terbukanya lapangan pekerjaan yang sebanyak-banyaknya dan juga mempengaruhi Nanti pada growth pada pertumbuhan ekonomi negara kita Indonesia,” sebut Jokowi.

Pos terkait