Banyak Faktor, PDI Perjuangan Harus Pertimbangkan Megawati Capres 2024

  • Whatsapp
Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri/Net

JurnalPatroliNews – Ada yang memprediksi pada Pilpres 2024 akan muncul pasangan Prabowo Subianto-Puan Maharani. Kemungkinan ini bisa saja, namun secara logika politik sulit terwujud.

Demikian disampaikan analis politik yang juga Direktur Mahara Leadership, Iwel Sastra kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (5/12).

BACA JUGA :

Alasannya, PDI Perjuangan sebagai partai pemenang pemilu apakah bersedia kadernya menjadi orang nomor 2. Pertanyaan selanjutnya, jika harus pada posisi nomor 1, siapakah yang akan dimajukan oleh PDI Perjuangan.

“Selain nama Ganjar Pranowo, Puan Maharani, Prananda Prabowo, Tri Rismaharini, dan lain-lain, nama Ketua Umum PDI Perjuangan (Megawati Soekarnoputri) tetap perlu diperhitungkan,” ujar Iwel Sastra.

Sebagai ketum parpol besar dan pernah menjabat sebagai Presiden, Megawati memiliki popularitas dan elektabilitas yang lebih baik dibanding kader PDI Perjuangan lainnya.

Selain itu, semua kelompok di internal partai pasti mendukung Megawati. Dan, ini bisa menghilangkan istilah petugas partai.

“Apakah kemudian diulang kembali komposisi Megawati-Prabowo seperti Pilpres 2009? Dalam politik segala kemungkinan bisa saja terjadi,” imbuhnya.

Masih kata Iwel Sastra, mengacu kepada Mahathir Mohamad di Malaysia dan Joe Biden di AS, usia tidak menjadi halangan seseorang dalam kompetisi politik.

“Namun, semua tentu kembali kepada Megawati, apakah masih berminat maju sebagai calon presiden atau mendorong kader yang lebih muda untuk maju seperti pada pilpres 2014 dan 2019,” tandasnya.

(rmol)

Pos terkait