Belanja Alutsista Rp1,7 Kuadriliun, DPR: Pak Prabowo Coba Jelaskan Detailnya

JurnalPatroliNews, Jakarta – Anggota Komisi I DPR, Effendi Simbolon, menanggapi soal rancangan peraturan presiden (perpres) terkait pengadaan alutsista oleh Kementerian Pertahahan (Kemenhan) lewat utang luar negeri sebesar Rp1,7 kuadriliun.

Ia meminta Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menjelaskan secara terbuka terkait rencana tersebut.

“Kita minta Pak Menhan menjelaskan detail itu dan kita berharap rapatnya juga terbuka sehingga yang melalui media bisa disampaikan kepada rakyat Indonesia jangan nanti ada yang bertanya ada apa itu dan sebagainya yang semuanya terbukalah itu tadi,” kata Effendi di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (31/5).

Tadinya, pada rapat hari ini ia ingin meminta penjelasan Prabowo terkait rencana pengadaan alutsista tersebut. Namun, politikus PDIP itu menyayangkan sikap ketua umum Partai Gerindra itu yang tak hadir dalam rapat hari ini.

“Apa saja sih, seperti apa sih arsiteknya, seperti apa desainnya yang itu yang ingin kita tanya apa, tapi kan Pak Menhannya nggak hadir ya jadi sebatas penjelasan dari Pak Wamen,” ujarnya.

DPR mengagendakan rapat dengan Kemenhan lusa. Ia berharap, Prabowo bisa hadir dalam rapat tersebut.

“Jangan bias ada multitafsir ada isu-isu, kita tentu berpikiran positif dululah bahwa TNI kita sebagai komponen utama memerlukan modernisasi total di matra darat, laut, dan udara. Tentu ini membutuhkan terobosan yang luar biasa,” ungkapnya.

(wte)

Komentar