Beli Sebelum Mahal, Tanaman Hias Blue Star Bakal Hits di 2021

JurnalPatroliNews – Jakarta, Hobi merawat dan mengoleksi tanaman hias sepertinya akan masih menjadi tren di masyarakat. Tahun 2021 ini mungkin Anda bisa menambah koleksi tanaman Anda.

Salah satu tanaman hias Blue Star Fern diprediksi akan booming di 2021. Tanaman tersebut patut dipertimbangkan karena mudah dipelihara dan bisa membawa ketenangan dalam rumah.

Tanaman hias blue star fern dikenal juga dengan nama pakis bintang biru. Pakis bintang biru merupakan tanaman yang populer karena ciri khas daunnya yang biru kehijauan.

Warna ini dianggap memberikan ketenangan tersendiri untuk pemiliknya. Kehadiran warna biru kehijauan ini juga membuat tanaman ini terlihat kontras dari tanaman lainnya.

Mengutip Smart Garden Guide, pakis bintang biru merupakan tanaman yang termasuk ke dalam kelompok Phlebodium Aureum. Nama terakhir merupakan kelompok epifit pakis asli yang berasal dari kawasan tropis dan subtropis Amerika Tengah dan Selatan.

Pakis bintang biru ini memiliki daun yang tipis bertekstur dan berbentuk seperti jari jemari yang gemuk. Ciri menonjolnya adalah warna biru kehijauan yang menenangkan.

Daunnya bisa tumbuh setinggi 30-60 sentimeter atau lebih. Mereka bergerak aktif dengan mudah pada batang yang tipis dan halus.

Cara Merawat Tanaman Hias Blue Star Fern

Pakis bintang biru lebih mudah dipelihara dibandingkan tanaman pakis lainnya. Jadi, tanaman ini bisa jadi pilihan bagi Anda yang pernah gagal merawat pakis.

Tanaman ini tumbuh subur di luar ruangan dengan iklim yang hangat. Tapi, tanaman ini juga bisa tetap bahagia jika ditempatkan di dalam ruang.

Pakis ini dapat tumbuh dengan baik pada cahaya terang yang tidak langsung. Namun, pakis bintang biru juga bisa beradaptasi dengan pencahayaan yang lebih rendah. Tapi ingat, pakis satu ini tak mentolerir sinar matahari langsung.

Tanaman ini dapat hidup pada suhu 14-27 derajat Celcius. Di luar batas tersebut, pakis tak akan bertahan. Pertahankan juga kelembapan tanah secara konsisten dengan menyiram secara menyeluruh setelah permukaan tanah dirasa kering. Pastikan pula drainase yang baik.

Kamu tak perlu terlalu sering memberinya pupuk. Beri pupuk ringan setiap 2-3 bulan sekali saat tanaman sedang tumbuh aktif.

Pakis satu ini tak terlalu rentan terhadap hama jika dibandingkan pakis lainnya. Over watering atau kelebihan air adalah masalah yang paling kerap terjadi saat merawat pakis bintang biru.

Selain itu, ingat juga bahwa tanaman hias blue star fern ini cukup sensitif terhadap repotting. Jadi, disarankan untuk tidak terlalu sering melakukan memindahkannya ke dalam pot lain.

(cnbc)

Komentar