Bentangan Bendera Merah Putih Hiasi Pasir Timbul Pulau Nain

JurnalPatroliNews-Manado,– Sehari sebelum Hari Kemerdekaan Ke-75 Republik Indonesia tahun 2020, Bendera Merah Putih terlihat membentang dan menghiasi Pasir Timbul Pulau Nain.

Bendera Merah Putih tersebut di bentangkan Prajurit Pangakalan Utama TNI AL (Lantamal) VIII dalam rangkaian peringatan Hari Kemeredekaan Ke-75 Republik Indonesia. Minggu (16/8/2020). di Kecamatan Wori, Minahasa Utara.

Bendera Merah Putih berukuran yang 20x 30 meter tersebut dibentangkan saat surut terendah di Pasir Timbul Pulau Nain sekitar pukul 09.45 Wita dengan bantuan delapan prajurit dan diiringi lagu Kebangsaan Indonesia Raya dari Kapal Angkatan Laut (KAL) Tedung Selar II.8.25 serta penghormatan umum.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung Komandan Lantamal (Danlantamal) VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) Donar Philip Rompas.

Pada kesempatan tersebut Danlantamal VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) Donar Philip Rompas menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan ini dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan Ke-75 Republik Indonesia sekaligus sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan pendahulu kita yang telah berjuang untuk kemerdekaan negeri ini.

” Kegiatan ini dalam rangka memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-75 tahun, sekalikus penghormatan pada para pahlawan yang telah berjuan untuk negeri tercinta ini,” ujar Donar Rompas.

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua Kordinator Cabang (Korcab) VIII Daerah Jalasenastri Armada (DJA) II Ny. Rita Donar Rompas, Wadan Lantamal VIII Wakil Ketua Korcab VIII DJA II, Para Asisten Danlantamal VIII, Kepala Taman Nasional Bunaken, dan diikuti pasukan upacara dari Prajurit Lantamal VIII, Pengurus Korcab VIII DKA II, Pegawai Negeri Sipil dari Tamam Nasional Bunaken dan masyarakat nelayan Pulau Nain.

Seusai pelaksanaan pembentangan Bendera Merah Putih dilaksanakan pembagian sembako kepada masyarakat nelayan Pulau Nain sebagai bentuk kepedulian dan kebersamaan Lantamal VIII terhadap masyarakat yang terdampak Covid-19.

Pembentangan Bendera Merah Putih tersebut melibatkan KAL Tedung Selar II.8.25, KAL Tedung Naga II.8.26, satu unit sea rider, empat buah perahu karet dan satu kapal dari Balai Taman Nasional Bunaken.

(HardinanSangkoy)