Besok Biden Putuskan “Hukuman” Buat Negeri Raja Salman

JurnalPatroliNews – Jakarta,– Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden akan segera memberikan pengumuman terkait kasus pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi pada Senin (01/03/2021).

Hal ini diungkapkan Biden, menyusul adanya Laporan Intelijen AS yang menunjukkan bahwa Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS), ternyata menyetujui operasi penangkapan dan pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi pada 2018.

Dilansir dari Reuters, pada Sabtu (27/02/2021), Biden berkata: “Akan ada pengumuman pada hari Senin tentang apa yang akan kami lakukan dengan Arab Saudi secara umum.”

Sebelumnya, pemerintahan Biden dikecam karena dinilai tidak memberi sanksi tegas kepada Arab Saudi. Walaupun Gedung Putih sudah mengonfirmasi keterkaitan Putra Mahkota Mohammed dalam merestui pembunuhan Khashoggi.

Sementara itu, seorang pejabat Gedung Putih yang tidak disebutkan identitasnya, mengatakan Biden tidak akan mengambil langkah signifikan baru terkait kasus ini.

“Meski Pemerintah AS telah memberi sanksi hukum pada Arab Saudi, Jumat (26/02/2021). Namun Pengumuman Biden yang merujuk pada Departemen Luar Negeri pada hari Senin mendatang (01/03/2021), merupakan pengumuman lanjutan, bukan pengumuman baru,” kata pejabat itu.

Untuk diketahui, Khashoggi merupakan warga negara AS yang kerap kali menulis kolom opini untuk Washington Post dan mengkritik kebijakan Putra Mahkota MBS, dikabarkan dibunuh dan dimutilasi oleh tim operasi yang terkait dengan Pangeran di Konsulat Arab Saudi di Istanbul.

[cnbc]

Komentar