BMKG Imbau Warga di Daerah Ini Mulai Waspada Dampak La Nina

JurnalPatroliNews – Jakarta, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau seluruh mitra Pemerintah Daerah dan stakeholder serta masyarakat untuk tetap mewaspadai dampak La Nina.

Kabid Diseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG Hary Tirto Djatmiko mengatakan, berdasarkan catatan historis data hujan Indonesia, pengaruh La Nina tidak seragam tergantung pada bulan, daerah dan intensitas La Nina.

“Wilayah-wilayah yang akan mengalami musim hujan lebih awal, yaitu di sebagian wilayah Sumatera dan Sulawesi serta sebagian kecil Jawa (termasuk Jabodetabek), Kalimantan, NTB dan NTT,” ujar Hary ketika dihubungi Sindonews, Jumat (23/10/2020).

Hary melanjutkan, perlunya peningkatan kewaspadaan dan antisipasi dini pada wilayah yang diprediksi akan mengalami musim hujan Atas Normal (lebih basah dari normalnya) meliputi Sumatera, Jawa (termasuk Jabodetabek) dan sebagian kecil kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara dan Papua.

“Menghadapi Puncak Musim Hujan 2020/2021 di bulan Januari dan Februari 2021, perlu diwaspadai wilayah yang rentan bencana hidrometeorologi seperti genangan, banjir, longsor dan banjir bandang,” tutupnya.

(oz)

Komentar