Buntut Perang, Perwakilan Rusia Dan Ukraina Batal Hadir Di Sidang IPU Ke-144 Bali

Gambar Tangkapan Layar Video: ipu.org

JurnalPatroliNews  – Jakarta, – Sidang Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-144 akan dilangsungkan di Bali International Convention Center (BICC), Nusa Dua, Bali. Perwakilan Parlemen Rusia dan Ukraina dipastikan tidak akan hadir. Sidang IPU ke-144 itu rencananya akan dibuka Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Minggu, (20/3/22).

“Sampai informasi saat ini, kita dengar mereka tidak hadir. Kita masih tunggu. Kita harap mereka hadir, tapi sampai saat ini Ukraina dan Rusia tidak hadir dalam Forum IPU 144 di Bali ini,” ungkap Putu Supadma Rudana, Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Sabtu (19/3/2022).

Bacaan Lainnya

Meski demikian, Politikus Partai Demokrat ini mengatakan, isu-isu tentang konflik antara Rusia dan Ukraina akan tetap dibahas dalam sidang IPU ke-144 kali ini.

“Sebab, ini menjadi perjuangan Parlemen dunia untuk menegakkan kembali perdamaian, untuk mengawal kembali isu-isu perdamaian dan isu – isu tentang hak asasi manusia,” ujar Putu.

Puan Maharani, Ketua DPR RI, dan Duarte Pacheco, Presiden IPU, sudah menyampaikan akan mendorong perdamaian dan kedamaian di Eropa Timur. Selain itu, mendorong masyarakat Ukraina mendapatkan hak mengingat kondisi mereka dalam keadaan tidak mudah.

“Ini harus ada gerakan bersama-sama dari Negara-negara untuk mendorong sektor kemanusiaan,” lanjutnya.

Pos terkait