Buntut Sikap Macron, Polri Siapkan Pengamanan, Terkait Ajakan Sweeping Produk Prancis

JurnalPatroliNews – Jakarta, Mabes Polri telah menyiapkan cadangan kekuatan untuk ditempatkan di tempat-tempat strategis terkait adanya sejumlah ajakan sweeping produk Prancis yang terjadi di beberapa daerah. Aksi ini adalah buntut sikap Presiden Prancis Emmanuel Macron yang dinilai menyinggung umat Islam.

“Kami juga melakukan penggalangan ke tokoh masyarakat dan agama, agar jangan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan tidak ada main hakim sendiri. Makanya beberapa daerah kita siapkan pengamanan,” kata Karo Penmas Brigjen Awi Setiyono di Mabes Polri, Rabu (4/11/2020).

Menurut Awi para tokoh itu diminta bantuan untuk meredam isu yang mulai memanas termasuk ramai disuarakan di jagat media sosial. Informasi di media sosial itu juga menjadi masukan kepolisian untuk menentukan langkah ke depannya.

“Pimpinan Polri sudah memerintahkan jajaran intelijen dan reskrim untuk melakukan deteksi dini dan deteksi aksi, terkait peredaran ajakan boikot produk Prancis. Jangan melawan hukum,” tambah Awi yang berharap ajakan boikot ini tidak memicu kekisruhan dan ketegangan baru di masyarakat.

Tak hanya aksi boikot namun sejumlah fasilitas milik Prancis di Tanah Air juga mulai ramai disantroni oleh para demonstran. Mereka menuntut Macron untuk meminta maaf.

(*/lk)

Komentar