Bupati Eka Bagikan 1 Ton Beras CPP dan 133 Ribu Bibit Cabai Kepada Masyarakat Tabanan

  • Whatsapp
Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti, kini membagikan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) kepada 148 KK (487 jiwa) Petani Nelayan di Kabupaten Tabanan

JurnalPatroliNews – Tabanan, – Setelah membagikan Cadangan Beras Pemerintah (CBP), Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti, kini membagikan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) kepada 148 KK (487 jiwa) Petani Nelayan di Kabupaten Tabanan yang terdampak Covid-19. CPP yang bertujuan untuk mengatasi darurat dan kerawanan pangan serta bencana sosial ini merupakan Beras Cadangan Pangan Pemerintah.

Penyerahan CPP tersebut dilakukan secara simbolis oleh Bupati Eka, sekaligus pada kesempatan itu Bupati Eka memberikan 133 ribu bibit tanaman cabai kepada 133 Perbekel se-Kabupaten Tabanan di wantilan Desa Adat Bedha, Tabanan, Kamis (25/6). Bibit cabai ini selanjutnya dibagikan kepada masyarakat setempat yang terdampak Covid-19.

Bacaan Lainnya

Turut hadir saat itu Ketua DPRD Kabupaten Tabanan I Made Dirga, jajaran Forkopimda Tabanan, Sekda dan beberapa OPD di lingkungan Pemkab Tabanan, Ketua Yayasan Ekalawya, serta beberapa Perkebel se-Kabupaten Tabanan dan masyarakat penerima bantuan.

Semenjak pandemic Covid-19 melanda Indonesia mulai dari bulan Maret 2020 sampai sekarang, memberikan dampak buruk bagi kehidupan masyarakat di berbagai sektor termasuk di Kabupaten Tabanan. Untuk itu, Pemerintah melakukan berbagai upaya antisipasi untuk menanggulangi meluasnya dampak pandemic tersebut.

Bupati Eka mengatakan sangat bersyukur bisa melakukan kegiatan ini dengan harapan bisa meringankan beban masyarakat di tengah pandemic Covid-19 saat ini. Ia menjelaskan CPP yang dibagikan kepada 487 jiwa ini kurang lebih sebanyak 1 ton beras. “Harapan kita dengan beras ini, bisa mengurangi beban mereka,” ujarnya.

Mengenai 133 ribu bibit cabai yang dibagikan kepada 133 Perbekel, Bupati Eka menginstruksikan agar bibit tersebut diterima oleh masyarakat yang memang benar-benar terdampak yang paling membutuhkan, sesuai dengan hasil penilaian rapid interview.

“Yang mereka belum mendapat bantuan, itu yang diutamakan. Ini tidak sekedar kita kasi bibit, Saya harapkan bibit ini bisa bertumbuh kembang dengan baik, sehingga mampu meningkatkan ketahanan pangan keluarga,” harap Bupati Eka.

Lebih lanjut Ia menjelaskan, tujuan pemberian bibit cabai ini untuk membiasakan masyarakat menanam tanaman pangan. Dan bibit ini dikatakannya murni produksi gotong-royong Petani Tabanan, dengan harapan Tabanan mampu menjadi sentra produksi cabai kedepannya. Mengingat, untuk menanam cabai tidak memerlukan lahan yang sangat luas.

“Masyarakat bisa dengan hidroponik, bisa dipekarangan rumah, sekarang tinggal inovasinya seperti apa. Pupuk dan penyemaiannya murni dari Petani Tabanan secara bergotong-royong, bukan impor,” imbuh Bupati Eka.

Pada kesempatan itu Bupati Eka juga sangat berterimakasih kepada seluruh elemen masyarakat Tabanan karena ditengah pandemic saat ini mampu menunjukan semangat gotong-royong yang kuat. “Astungkara sampai saat ini semangat rakyat Tabanan sangat luar biasa, Forkopimdanya luas biasa dan DPR nya juga luar biasa,” jelas Bupati Eka.

Disamping itu, Ia juga tidak henti-hentinya untuk selalu meminta kepada seluruh elemen masyarakat Tabanan agar selalu menjaga imun tubuh dengan menerapkan pola hidup sehat dan bersih, selalu memakai masker dan menerapkan sosial dan pshycal distancing sesuai anjuran Pemerintah demi keselamatan bersama.

“Mari kita jaga imun tubuh, jaga pikiran agar tetap positif, jaga protap kesehatan, jaga jarak serta selalu pakai masker baik didalam maupun diluar rumah. Selama vaksin Covid-19 belum ada, kita harus selalu mawas diri,” pinta Bupati Eka.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tabanan melalui perwakilannya menjelaskan, penerima dari bantuan CPP ini adalah 148 KK atau 487 jiwa petani nelayan yang ada di 4 Kecamatan dan 6 Desa di Kabupaten Tabanan. Desa Beraban, Kediri sebanyak 90 Orang, Desa Sudimara, Tabanan sebanyak 152 orang, Desa Lalanglinggah, Selbar 17 orang, Desa Selabih, Selbar 152 orang, Desa Beraban, Seltim 32 orang dan dan Desa Tegal Mengkeb, Seltim 44 orang.

Pihaknya menambahkan, untuk bantuan 133 ribu bibit Tanaman cabai dibagi rata untuk masing-masing Perbekel se-Kabupaten Tabanan sebanyak 1000 bibit tanaman cabai. “Bantuan bibit cabai ini merupakan donasi dari Yayasan Ekalawya,” ungkapnya.

Sesuai pantauan di lapangan, saat itu Bupati Eka bersama seluruh undanan yang hadir melakukan aksi tanam bibit tanamam cabai di seputaran wantilan Desa Adat Bedha, serta melakukan penebaran ribuan bibit ikan nilam di perairan setempat. @

Pos terkait