Calon Pilkada Surabaya Positif Corona, Semua Petugas KPU Swab

JurnalPatroliNews – Surabaya, Seluruh komisioner, petugas dan staf Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya, bakal menjalani tes swab usai salah seorang calon peserta pilkada positif terinfeksi virus corona.

Wakil Koordinator Hubungan Masyarakat Satgas Penanganan Covid-19 Surabaya M Fikser mengatakan tes akan difasilitasi Pemkot Surabaya.

“Kami akan lakukan pemeriksaan swab, kepada seluruh petugas di KPU, jadi tidak hanya komisioner tapi semua petugas yang ada di KPU, atau diperbantukan di KPU akan dilakukan swab oleh pemkot,” kata Fikser, di Surabaya Kamis (10/9).

Satgas juga akan melakukan sterilisasi di ruang-ruang KPU yang sempat disinggahi para kandidat saat menjalani pendaftaran. Semua ruangan akan disemprot disinfektan.

“Lalu kedua melakukan penyemprotan disinfektan secara berkala, karena kita tahu sekarang KPU menjadi tempat berkumpulnya para konsestan pilkada,” katanya.

Meski demikian, Satgas Surabaya mengklaim masih belum mendapatkan data siapakah bakal calon pilwalkot Surabaya yang positif. Jika sudah diketahui, maka Satgas akan langsung melakukan pelacakan.

Satgas Surabaya pun akan lekas menentukan penanganan yang tepat jika sudah mengetahui bakal calon pilwalkot Surabaya yang positif.

“Apakah posisinya isolasi mandiri di rumah, apakah rumahnya memungkinkan untuk dilakukan isolasi mandiri atau tidak. Kalau tidak bisa, maka pemkot memfasilitasi untuk yang bersangkutan tinggal di Hotel Asrama Haji,” katanya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya, mengungkapkan bahwa ada satu bakal calon wali kota atau wakil wali kota di Surabaya, telah terkonfirmasi positif corona (Covid-19).

“Kami baru saja menerima surat dari RSUD dr Soetomo Surabaya, memberi tahukan bahwa salahs atu orang dari Bapaslon yang kemarin melakukan tes swab PCR, itu dinyatakan positif,” ucap Anggota KPU Surabaya Bidang Hukum dan Pengawasan, Soeprayitno Rabu (9/9).

(cnn)

Komentar