China Gokil! Ke Bulan, Kapal Selam Tembus Titik Terdalam Bumi

JurnalPatroliNews – Jakarta, Dalam hampir waktu yang berdekatan, China mengejutkan dunia dalam capaian kemampuan teknologi eksplorasi alam semesta. Selain mampu mendaratkan wahana di bulan dan mengambil gambar permukaan Bulan baru-baru ini, China juga sukses menembus palung terdalam seantero Bumi beberapa pekan sebelumnya.

Pesawat Chang’e-5 sukses mendarat di sisi barat laut Bulan pada Selasa malam (1/12). Tujuan misi ini adalah untuk menggali batu-batuan dan tanah di Bulan untuk membantu para ilmuwan mempelajari tentang asal-usul, formasi, dan aktivitas vulkanik satelit alami Bumi.

Chang’e-5 adalah misi China ketiga untuk melakukan pendaratan lunak di bulan dalam tujuh tahun terakhir. Dua usaha sebelumnya melalui pesawat Chang’e-3 dan Chang’e-4 yang sempat meletakkan pendarat statis dan penjelajah kecil di Bulan.

Pendaratan baru-baru ini diawali dengan peluncuran Roket Long March-5 yang membawa misi bulan Chang’e 5 lepas landas di Pusat Peluncuran Luar Angkasa Wenchang di Wenchang di Provinsi Hainan, China bagian selatan, Selasa (24/11/2020).

Foto: Layar menunjukkan pesawat ruang angkasa Chang’e-5 yang mendarat dan gambar permukaan bulan (bawah) yang diambil dengan kamera di pesawat ruang angkasa Chang’e-5 selama proses pendaratannya, di Pusat Kontrol Dirgantara Beijing (BACC) ) di Beijing (1/2/2020). (Jin Liwang / Xinhua via AP)

Selain mendaratkan wahana di Bulan, pada medio November lalu, Kapal selam China Fendouzhe sukses menjajaki salah satu tempat terdalam di Planet Bumi. Kapal Selam Fendouzhe mampu menembus kedalam dasar laut 35.791 kaki atau setara 10.909 meter, seperti dikutip dari Livescience, Kamis (3/12).

Capaian ini dikemas dalam skspedisi berbulan-bulan. Kapal selam Fendouzhe harus melakukan 13 penyelaman di Palung Mariana sebagai titik terdalam di Bumi yang berada di Samudra Pasifik.

Delapan dari penyelaman kapal selam mampu menembus kedalaman melebihi 32.808 kaki (10.000 m). Kapal selam berawak ini akhirnya mencapai rekor kedalaman ada 10 November 2020, malampaui rentang jarak Gunung Everest, sebagai titik tertinggi di Bumi.

Namun, catatan rekor kedalaman masih dipegang oleh Victor Vescovo, seorang investor ekuitas swasta yang menyelam hingga 35.873 kaki (10.934 m). Namun, capaian kedalaman maksimum Kapal Selam Fendouzhe  melebihi penyelaman solo sutradara James Cameron tahun 2012 yang hanya mampu menembus 35.787 kaki (10.908 m). Rekor sebelumnya sempat dilakukan oleh Kapal Swiss-Italia-Amerika  pada 23 Januari 1960 pada kedalaman kurang dari 35.800 kaki (10.912 m)

Mencapai dasar Palung Mariana sebagai tiitk terdalam di Bumi merupakan kebanggaan bagi China, yang telah berupaya melakukan penyelaman berawak di titik laut terdalam selama satu dekade terakhir. Kapal selam China, Jiaolong sempat hanya mencapai kedalaman 12.332 kaki (3.759 m) pada tahun 2010 . China berhasil sejajar dengan negara Amerika Serikat, Prancis, Rusia, dan Jepang,  yang punya kemampuan kapal selam berawak yang tembus sampai 11.483 kaki (3.500 m).

(cnbc)

Komentar