Corona Semakin Bertumbuh, Ketua Tim Pakar Satgas Covid-19 : Penerapan Protokol Kesehatan Masih Lengah

JurnalPatroliNews, Jakarta : Pemerintah menyatakan bahwa Rumah Sakit menjadi klaster penularan virus corona (Covid-19) terbesar hingga saat ini. Selanjutnya klaster penularan Covid-19 terbesar berikutnya berada di komunitas dan perkantoran, yang dilansir dari cnbcindonesia.com.

“Klaster yang sumbangkan angka kasus terbanyak dari rumah sakit, komunitas dan perkantoran. Di Rumah Sakit totalnya ada 24 ribu pasien, komunitas 15.133 pasien, dan perkantoran ada 3.194 karyawan,” ujarnya Juru Bicara sekaligus Ketua Tim Pakar Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengungkapkan perkembangan terkini penanganan Covid-19 dari Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (22/9/2020).

“Banyaknya ditemukan kasus perkantoran serta pejabat negara ini menjadi bukti bahwa penerapan protokol kesehatan masih lengah. Sudah seharusnya kita evaluasi agar ini tidak terjadi,” lanjutnya.

Menurut Wiku, keterbukaan itu harus diapresiasi. Setelah itu harus diikuti dengan tracing yang baik agar pendeteksian penularan dari satu orang ke orang lain mampu berjalan optimal.

“Ini sudah dilakukan instansi pemerintahan dengan menghentikan aktivitas sementara di kantor kementerian maupun pemprov,” kata Wiku.

“Jadi untuk itu kami mohon agar pihak swasta dan pabrik lakukan hal sama seperti kementerian dan provinsi dengan tracing dan pelaporan klaster dan jangan merasa malu bila ada yang positif. Karena orang positi ini perlu kita lindungi rawat dan sehat kembali,” lanjutnya.

(rik/*)

Komentar