COVID-19 di Bolmut, dr Jusnan: Pasien Dalam Keadaan Baik

JurnalPatroliNews-Boroko,– Pasien positif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) kembali bertambah satu.

Informasi tentang bertambahnya satu kasus Covid-19 ini diperoleh BeritaManado.com dari Kepala Dinas Kesehatan Bolmut, dr Jusnan Mokoginta MARS, Sabtu (11/7/2020) melalui press release.

Jusnan mengatakan, pasien terbaru ini berasal dari Desa Vo’a, Kecamatan Bintauna, Kabupaten Bolmut, seorang lelaki usia 41 tahun.

“Dirujuk dari Puskesmas Bintauna pada tanggal 17 Juni 2020 dengan diagnosa awal suspek pneumonia memilki riwayat perjalanan dari fasilitas kesehatan yang berada di zona merah,” kata Jusnan selaku jubir Gugus Tugas COVID-19 Bolmut.

Dikatakannya, berdasarkan hasil pemeriksaan Laboratorium Eijkman dan pemberitahuan dari Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulawesi Utara yang dirilis resmi pada tanggal 10 Juli 2020 bahwa hasil swab yang bersangkutan terkonfirmasi positif Covid-19 dengan spesifikasi swab ke-1 positif dan swab ke-2 negatif.

“Dinkes Kabupaten Bolmut sudah melakukan follow up pengambilan swab ke-3 untuk menegakkan diagnosa pasien sembuh karena berdasarkan pedoman Covid-19 revisi ke-4 pasien harus 2 kali swab negatif baru dinyatakan sembuh,” sambungnya.

Dengan demikian maka yang bersangkutan menjadi pasien terkonfirmasi positif ke-4 Kabupaten Bolmut dan pasien positif ke-1545 Provinsi Sulut.

“Pasien dalam kondisi baik dan akan menjalani masa isolasi di RSUD Kabupaten Bolmut sampai dengan tanggal 17 Juli 2020 digenapkan 30 hari dari tanggal pasien dirawat yakni tanggal 17 Juni 2020 sesuai dengan pedoman WHO melalui Surat Edaran Provinsi Sulawesi Utara sambil menunggu hasil swab selanjutnya,” beber dr Jusnan.

Dia pun menghimbau masyarakat agar tetap tenang, tidak panik serta memberikan dukungan moril kepada pasien dan keluarga sehingga pasien cepat sembuh. Dan tetap patuh pada protocol COVID-19 pada era New Normal ini agar mata rantai penyebaran dapat segera diputuskan.

(***/Nofriandi Van Gobel)

Komentar