Dankormar : “Jadilah Perwira yang Tangguh dan Menjadi Kebanggan Anak Buah Serta Satuan”

JurnalPatroliNews – Jakarta,–  “Jadilah Perwira Korps Marinir yang tangguh dan menjadi kebanggaan anak buah serta satuan kalian,” ucap Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han) selaku “Corps Chief” pada saat Pembekalan Dankormar kepada Taruna Akademi Angkatan Laut tingkat IV kejuruan Korps Marinir Tahun Pelajaran 2019 / 2020 melalui sambungan Video Conference di Ruang Rapat Markas Komando Detasemen Jala Mangkara (Denjaka) Cilandak Jakarta Selatan. Jumat (19/06/2020).

Pembekalan yang berlangsung virtual melalui sambungan Video Conference ini diikuti 20 Taruna tingkat IV Korps Marinir yang berada di Ruang Rapat (Rupat) Markas Komando (Mako) Akademi Angkatan Laut Gedung R.Soebijakto Bumimoro Surabaya, sedangkan Komandan Korps Marinir beserta pejabat utama dalam memberikan pembekalan berada di Cilandak Jakarta Selatan.

Acara pembekalan diawali dengan sambutan Gubernur Akademi Angkatan Laut Laksda TNI Edi Sucipto, S.E, M.M. yang diwakilkan Wakil Gubernur AAL Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E. dilanjutkan pembekalan Komandan Korps Marinir kepada Taruna AAL tingkat IV Korps Marinir.

Dalam pembekalannya tersebut Komandan Korps Marinir menyampaikan beberapa hal penting yang patut diketahui oleh Taruna AAL yang sebentar lagi akan dilantik menjadi Letna Dua Marinir antara lain tentang: Sejarah dan pengabdian Korps Marinir, Tugas Korps marinir saat ini dan yang akan datang, Struktur Organisasi, Gelar Kekuatan, Konsep Gelar Marinir ibu kota baru, Gelar Operasi, Pengenalan material tempur, Strategi OMP dan OMSP dan Pembinaan Koprs Marinir.

Di akhir pembekalan Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han) menyampaikan beberapa penekanan sebagai pedoman sebelum dilantik menjadi Perwira Korps Marinir sebagai berikut: Pertama, Tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moral dan dalam melaksanakan penugasan dan dalam kehidupan sehari-hari. Ke dua, Menjaga profesionalisme dengan senantiasa megembangkan diri dengan pengetahuan (knowledge) dan keterampilan (Skill) sebagai prajurit pendarat Matra Laut. Ke tiga, Senantiasa menjaga karakter, jati diri dan kehormatan sebagai prajurit petarung Korps Marinir yang pantang menyerah dan tangguh disegala medan. Ke empat, Pimpin anak buah kalian dengan penuh keteladanan baik sikap, ucapan ataupun perilaku yang terpuji. Kelima, Selalu berusaha untuk membina dan memajukan satuannya menjadi yang terbaik.

Usai pembekalan Komandan Korps Marinir para Taruna AAL tingkat IV Korps Marinir diberikan kesempatan untuk bertanya secara langsung kepada Dankormar dan pejabat utama tentang situasi dan perkembangan saat ini dan yang akan datang.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Staf Korps Marinir Brigjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, M.Tr (Han)., Irkormar Kolonel Marinir Lasmono serta para Asisten Komandan Korps Marinir.

Komentar