Danlanud Adisutjipto Buka Kursus dan Sertifikasi Basic Remote Drone Pilot FASI

JurnalPatroliNews-Yogyakarta,– Pen Adi. Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Ir. Bob Henry Panggabean membuka secara resmi kursus dan sertifikasi Basic Remote Drone Pilot yang diselenggarakan Lanud Adisutjipto dan FASI DIY bertempat di auditorium Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto, Sabtu (11/7/2020). Turut hadir sebagai narasumber Paban 2 Puanpotdirga Spotdirgaau Kolonel Pnb Agung Sasongkojati , dan Kasi Binpotdirga Lanud Adisutjipto.

Danlanud Adisutjipto dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pangkalan TNI AU Adisutjipto sebagai pemegang otoritas ruang udara dan FASI DIY sebagai wadah komunitas penggiat pencinta dirgantara perlu melaksanakan edukasi dan sosialisasi tentang aturan penggunaan ruang udara kepada masyarakat umum, sebagai salah satu metode menjaga keamanan ruang udara dari berbagai pelanggaraan penggunaan drone yang tanpa pengawasan, dan berpotensi menimbulkan bahaya pada kegiatan penerbangan.

“Oleh karenanya, peluang pelatihan yang sangat baik  ini kiranya dapat dimanfaatkan sebaik mungkin, agar dapat menambah ilmu dan wawasan dalam penggunaan drone secara benar sesuai aturan yang ditetapkan serta mendapat sertifikasi sesuai ketentuan”, jelasnya.

Sementara itu Kolonel Pnb Agung Sasongkojati menyampaikan materi tentang beberapa materi pokok tentang bagaimana penggunaan dan pengoperasian drone yang benar dan tepat, perawatan dan pemeliharaan drone, serta aturan dan ketentuan yang peraturan pemerintah tentang penggunaan drone diantaranya PP No 4 Tahun 2018 tentang Pengamanan Wilayah Udara, serta Permenhub lainnya yang terkait.

Sebanyak 60 peserta dari komunitas drone di Yogyakarta mengikuti kegiatan pelatihan baik secara teori maupun praktek selama 2 hari kegiatan.

Komentar