Demi Pemilu Yang Efisien Dan Murah, KPU Simulasi Surat Suara Pemilu 2024 Maksimal 3 Lembar

Ilustrasi

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Untuk kepentingan Pemilihan Umum (Pemilu) nanti, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar Edukasi dan Simulasi penyederhanaan surat suara Pemilu 2024 di halaman kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (22/3/22). Penyederhanaan ini diharapkan memberikan dampak efisiensi penggunaan kertas dan anggaran Pemilu 2024.

 “Jadi kami ingin sekali mengetahui bagaimana kesan bapak-ibu sekalian terhadap penyederhanaan surat suara yang sudah kita siapkan,” ujar Evi Novida Ginting Manik, Komisioner KPU dalam sambutannya.

Bacaan Lainnya

Dalam simulasi ini, KPU menyediakan dua tempat pemungutan suara (TPS). TPS pertama, digunakan untuk simulasi 3 model surat suara, sedangkan di TPS kedua digunakan untuk simulasi 2 lembar surat suara.

Ia menjelaskan, dalam simulasi ini KPU mencoba mendesain ulang surat suara yang semula lima lembar pada Pemilu 2019 silam, menjadi 1-2 lembar dan atau 3 lembar surat suara, dengan menggabungkan beberapa pemilu menjadi 1.

“Jadi, kita sudah memulai langkah-langkah kajian ini di tahun 2021,” terangnya.

Penyederhanaan ini tentunya akan membuat Pemilu ke depan menjadi Pemilu yang murah, mudah dalam memberikan suara, cepat dalam proses pemungutan suara dan penghitungan suaranya, serta transparansi dan akuntabilitasnya terjaga.

“Inilah tujuan dari penyederhanaan surat suara. Mudah-mudahan tujuan KPU ini akan menjadi wacana ataupun menjadi satu pemikiran kita untuk bisa menyelenggarakan Pemilu yang lebih Efisien dan Efektif,” pungkasnya.

Pos terkait