Dianggap Tidak Efisien, Jokowi ‘Colek’ Pertamina & PLN: Enak Banget…..!

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara spesifik menyinggung dua perusahaan pelat merah, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) dan PT Pertamina (Persero), lantaran dianggap tidak efisien.

Berbicara saat memberikan pengarahan dalam Sidang Kabinet Paripurna, Jokowi menyinggung gelontoran subsidi yang diberikan pemerintah kepada kedua Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sektor energi tersebut.

“Ada subsidi dari menkeu, tanpa ada usaha efisiensi di PLN, di Pertamina. Ini yang dilihat kok enak banget,” kata Jokowi, Senin (20/6/2022).

“Mana yang bisa diefisienkan, mana yang bisa dihemat, kemudian mana kebocoran-kebocoran yang bisa dicegah. Semuanya harus dilakukan di posisi seperti ini,” jelasnya.

Jokowi mengakui bahwa beban fiskal negara sudah terlampau berat. Namun, pemerintah tetap menyalurkan subsidi sebagai bentuk komitmen untuk menjaga keberlangsungan masyarakat terutama menengah ke bawah.

“Baik yang berkaitan dengan BBM terutama solar, yang berkaitan dengan gas dan listrik. Ini yang terus kita jaga,” kata Jokowi.

Jokowi meminta kepada seluruh kementerian dan lembaga, serta jajaran BUMN untuk melakukan efisiensi belanja. Tujuannya, agar pemerintah maupun BUMN memiliki kelonggaran fiskal yang lebih luas.

Komentar