Dibantu Prabowo, Jokowi & Trump Sudah Deal Kerja Sama Militer

  • Whatsapp
Foto: Presiden Joko Widodo bertemu Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo.

JurnalPatroliNews – Jakarta, Indonesia dan AS ternyata sudah menyepakati kerja sama bidang pertahanan. Hal tersebut sejalan dengan kunjungan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo ke Tanah Air. Pompeo juga telah bertemu Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi .

Retno mengatakan kesepakatan kerja sama itu dimulai dengan kunjungan Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto ke Negeri Paman Sam beberapa pekan lalu.

Bacaan Lainnya

“Menteri Pertahanan kami sudah mengunjungi AS bulan ini dan bertemu dengan berbagai mitra AS, termasuk Menteri Pertahanan AS,” katanya dalam konferensi pers, Kamis (29/10/2020).

Dalam pertemuan tersebut, lanjutnya, dua pihak sepakat untuk meningkatkan kerja sama sektor pertahanan. Meliputi, memperkuat kemampuan pertahanan dan perlengkapan militer untuk mencapai Minimum Essential Force (MEF).

Foto: Presiden Joko Widodo bertemu Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo (Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr)

Kedua negara juga sepakat melakukan sinergi dalam pelatihan, bidang intelijen, dan kerja sama keamanan maritim di kawasan regional. Sementara itu, Pompeo mengaku menyambut baik kerja sama tersebut.

“Kami berharap bisa berkolaborasi bersama untuk memastikan ketahanan dan perlindungan maritim,” ucapnya.

Retno juga menambahkan mengenai pentingnya perpanjangan komitmen sistem tarif preferensial umum atau Generalized System of Preferences (GSP) RI dan AS.

“Kami sepakat untuk memperkuat kerja sama ekonomi, khususnya untuk memperkuat rantai pasokan global dan mempercepat pemulihan ekonomi,” kata Retno.

“Berkaitan dengan hal tersebut, saya kembali menggarisbawahi pentingnya fasilitas GSP, yang tidak hanya membawa manfaat bagi Indonesia tetapi juga bagi bisnis AS.”

(cnbc)

Pos terkait