Diburu Dua Minggu, Mustamar! Pelaku Pembacokan Imam Masjid di Pasuruan Ditangkap, Ini Motifnya

JurnalPatroliNews – Pasuruan,– Pelaku pembacokan Abdus Syakur (73), imam masjid di Pasuruan telah tertangkap. Motif pembacokan itu sebenarnya sepele, gara-gara ayam.

Pelaku pembacokan adalah Mustamar (47) yang merupakan tetangga korban sendiri. Pelaku tertangkap setelah dua minggu diburu.

“Motifnya dendam karena ayam,” ujar Kapolres Pasuruan AKBP Rofiq Ripto Himawan, Senin (15/3).

Rofiq mengatakan kasus pembacokan di Pasuruan ini berawal dengan seringnya ayam pelaku masuk ke areal sawah korban. Ayam-ayam tersebut dianggap oleh korban makan dan merusak padinya.

Korban pun mengusir ayam-ayam milik pelaku dengan katapel. Mengetahui ayamnya dikatapel, pelaku pun geram dan dendam.

“Motifnya dendam terhadap korban karena telah mengusir ayamnya dengan ketapel saat memasuki area sawah korban,” terang Rofiq.

Dendam itu diwujudkan pelaku dengan merencanakan membalas dendam. Pelaku ingin memberi pelajaran kepada korban. Saat hendak salat subuh pada awal Maret 2021. Korban dibacok mendadak dari belakang dengan senjata jenis wedung (pedang) oleh pelaku yang saat itu mengenakan penutup kepala.

Korban mengalami luka di bagian punggung, kepala belakang dan bahu, bahkan dua jari tangannya harus diamputasi. Beruntung korban selamat setelah dilarikan warga ke RSUD dr R Soedarsono, Pasuruan.

(*/lk)

Komentar