Dilantik Kapolri, Irjen Fadil Imran Resmi Jabat Kapolda Metro Jaya

JurnalPatroliNews – Jakarta – Kapolri Jenderal Idham Azis melantik Irjen Mohammad Fadil Imran dan Irjen Ahmad Dofiri sebagai Kapolda Metro Jaya dan Kapolda Jawa Barat. Selain Irjen Fadil dan Irjen Dofiri, ada enam Kapolda lainnya yang juga dilantik.

Upacara serah terima jabatan delapan Kapolda digelar di ruang Rupatama, Mabes Polri, Jumat (20/11/2020). Upacara dipimpin oleh Kapolri Jenderal Idham Azis.

“Hari ini diserahterimakan ada 8 jabatan Kapolda kemudian ada 3 lagi dari Kororsahli. Kemudian Kadiv Propam dan terakhir Aslog Kapolri,” kata Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono.

Dalam serah terima jabatan Kapolda Metro hingga Kapolda Jabar ini, Awi menuturkan, Kapolri Jenderal Idham Azis memerintahkan kepada delapan kapolda baru agar mempersiapkan personelnya untuk mengamankan Pilkada serentak 2020. Awi menyampaikan, Kapolri juga meminta kepada para kapolda baru untuk tetap menjaga netralitas Pilkada.

“Dalam arahannya, Bapak Kapolri menyampaikan beberapa hal terkait perintah kepada para Kapolda yang sudah menjabat agar segera insert dan mempersiapkan personelnya untuk melaksanakan pengamanan pilkada serentak yang akan direncanakan tanggal 9 Desember 2020. Kedua, Bapak Kapolri juga menekankan pada para Kapolda untuk memastikan bahwasannya seluruh anggota untuk menjaga netralitas Polri dalam pilkada serentak,” ujarnya.

Selain itu Awi menyampaikan, Kapolri juga ingin agar pengamanan Natal dan Tahun Baru disiapkan secara matang. Mengingat perayaan Natal dan Tahun Baru kali ini sedang dalam kondisi pandemi Corona (COVID-19).

Kapolri Jenderal Idham Azis melantik Irjen Mohammad Fadil Imran dan Irjen Ahmad Dofiri sebagai Kapolda Metro Jaya dan Kapolda Jawa Barat (Dok. Mabes Polri).

“Terakhir amanat Pak Kapolri telah memerintahkan juga untuk kesiapan pengamanan Natal dan Tahun Baru 2021. Bagaimanapun dalam situasi pandemi COVID-19 ini tentunya kegiatan keagamaan teman-teman kita beragama Nasrani yang merayakan Natal dan perayaan malam Tahun Baru ini menjadi prioritas pengamanan oleh Polri sehingga kehadiran Polri dirasakan betul oleh masyarakat dan diharapkan para Kapolda untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang menimbulkan empati kepada masyarakat yang simpati yang menggelar operasi termasuk kegiatan pelayanan,” imbuhnya

“Operasi termasuk kegiatan pelayanan karena kita dalam masa pandemi COVID-19 kegiatan pemberi bantuan bansos kemudian pemberian masker dan handsanitizer sangat membantu sekali terhadap pencegahanaupun pemutusan peyebaran mata rantai COVID-19,” lanjutnya.

Serah terima jabatan sejumlah Kapolda tercantum dalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST/3222/XI/Kep/2020 tertanggal 16 November 2020. Perihal surat itu tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Polri.

Berikut daftar jabatan kapolda yang diserahterimakan menurut Surat Telegram Kapolri Nomor ST/3222/XI/Kep/2020 yang ditandatangani Asisten Kapolri bidang SDM Irjen Sutrisno Yudi Hermawan:

Komentar