Diperkirakan Puncak Arus Balik 6-8 Mei, Menhub: Hindari Kemacetan, Baiknya Pulang Sebelum Atau Sesudah 8 Mei!

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Puncak arus balik mudik diperkirakan ada pada 6 sampai 8 Mei 2022. Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan (Menhub), mengimbau, masyarakat yang saat ini masih dikampung halamannya, disarankan kembali sebelum atau setelah puncak arus balik.

“Bapak Presiden Joko Widodo memberikan perhatian khusus pada penanganan arus balik agar tidak terjadi kepadatan, yaitu mengimbau masyarakat untuk kembali lebih awal sebelum puncak arus balik di tanggal 6, 7 dan 8 Mei 2022 nanti. Atau kalau cutinya bisa diperpanjang, sebaiknya pulang setelah tanggal 8 Mei,” ujarnya, Selasa (3/5/22).

Ia, mengatakan, agar masyarakat mewaspadai dua titik rawan kemacetan saat arus balik. Yakni Tol Semarang-Jakarta dan Penyeberangan Bakauheni-Merak.

Ia, menyampaikan, masyarakat tidak memaksakan diri saat perjalanan arus balik. Sekiranya lelah, gunakan Rest Area di jalan tol, dan tidak berhenti di bahu jalan, karena bisa membahayakan keselamatan diri sendiri dan dapat menyebabkan kemacetan.

“Jika lelah, masyarakat bisa keluar tol di kota terdekat, dan bisa istirahat di tempat-tempat yang telah disiapkan. Di sini lebih aman dan leluasa,” katanya.

Ia, menambahkan, agar masyarakat mengemudi dengan baik dan tidak menyerobot jalur. Selain itu, ia meminta agar masyarakat mematuhi imbauan yang ada demi keselamatan.

“Kami juga mengimbau untuk mengemudi dengan baik, tidak menyerobot jalur, dan patuhi petunjuk dari petugas di lapangan. Pastikan Prokes juga tetap dilaksanakan dengan baik,” tambahnya.

“Mohon kepada masyarakat untuk mengikuti imbauan-imbauan yang sudah disampaikan, agar perjalanan balik lebih nyaman,” imbuhnya.

Komentar