Dirut Transjakarta Minta Maaf Soal Bus Sering Kecelakaan, Gilbert: Copot Direksinya!

JurnalPatroliNews – Jakarta – “Bapak dan Ibu sekalian, serta rekan-rekan semua, Saya atas nama Direksi PT Transjakarta memohon maaf terkait kecelakaan di hari Kamis dan Jumat kemarin,” tutur Yana Aditya, Direktur Utama (Dirut) dalam jumpa pers di kantor PT Transjakarta, Sabtu (4/12/2021).

Kecelakaan yang terjadi sekitar 4 kali dalam kurun waktu 40 hari terakhir menyita banyak perhatian berbagai pihak. Kecelakan terparah terjadi pada 25 Oktober 2021 mengakibatkan 31 orang luka-luka dan 2 korban meninggal di Jalan MT Haryono, Jakarta Timur.

Kemudian kecelakaan kembali terjadi pada 29 Oktober 2021 di Gandaria City, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Lalu dua hari berturut-turut pada Kamis (2/12/2021) yang menabrak pos polisi di Jalan Mayjen Sutoyo, PGC, Jakarta Timur. Esoknya, bus Transjakarta kembali mengalami kecelakan di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, Jumat (3/12/2021).

“Memang harus dicopot direksinya, biar bawahannya tertib. Ada manajemen yang buruk, padahal unsur keselamatan adalah nomor 1 dalam bisnis transportasi,” ucap Anggota DPRD DKI Jakarta, Gillbert Simanjuntak, Jumat (3/12/2021).

Plt Kepala Badan Pembina (BP) BUMD DKI Jakarta Riyadi menyebut, ada indikasi direksi Transjakarta tidak melaksanakan tanggung jawab secara optimal terkait rentan peistiwa kecelakaan bus Transjakarta.

“Saat ini kami sedang berupaya keras melakukan perbaikan-perbaikan. Kita akan lakukan audit menyeluruh terkait dengan keamanan operasi di Transjakarta,” kata Yana.

Abdul Aziz, Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta mengatakan peristiwa kecelakaan bus Transjakarta ini menimbulkan penilaian negatif dari publik karena merasa angkutan umum (Transjakarta) ini tidak aman. Oleh karenanya, Aziz berupaya memanggil jajaran direksi Transjakarta bersama Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan Badan Pembina BUMD DKI Jakarta.

“Besok, Senin (6/11/2021) kita panggil TJ ini untuk melaporkan update dari rekomendasi yang kita berikan. Sudah sejauh mana, sudah jalan apa belum, hambatannya apa kalau belum jalan. Kalau sudah jalan kenapa bisa jadi seperti ini (kecelakaan),” ucap Aziz.

Komentar