DKI Raih STA 2021 Kota Terbaik di Dunia, Anies : Alhamdulillah Ini Kemenangan Warga Jakarta

Jurnalpatrolinews – Jakarta : Jakarta terpilih sebagai kota terbaik di dunia dalam Sustainable Transport Award (STA) 2021. Penghargaan tersebut diberikan atas kemajuan sistem transportasi publik dan mobilitas di kota.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, STA merupakan ajang penghargaan tahunan yang menilai perbaikan mobilitas kota dan inovasi sistem transportasi.

“Alhamdulillah terbaik di dunia kemenangan Jakarta semalam diumumkan pada acara Mobilize Virtual Summit 2020,” ujar Anies dikutip dari akun Instagram @aniesbaswedan, Sabtu (31/10/2020).

Menurutnya, kemenangan Jakarta ini yang kedua, sebelumnya juara kedua. Jakarta, kata dia terus berinovasi dan berhasil mengalahkan puluhan kota besar dunia lainnya, seperti Auckland, Bogota, Buenos Aires, Charlotte, Frankfurt, Moscow, San Francisco dan Sao Paulo.

“Dalam STA, visi, konsep dan eksekusi yang dijalankan setiap kota dinilai oleh komite juri yang terdiri dari lembaga global seperti Institute for Transportation and Development Policy (ITDP), Bank Dunia, International Council for Local Environmental Initiatives (ICLEI) dan lain-lain,” ucapnya.

Dalam setahun terakhir, kata dia jajaran Pemprov DKI, BUMD dan para pemangku kepentingan transportasi Jakarta berhasil menghadirkan berbagai inovasi untuk meningkatkan mutu transportasi di Jakarta.

Dia mencontohkan, perluasan jalur dan penambahan fasilitas sepeda, revitalisasi halte dan trotoar, penataan fasilitas pejalan kaki di kampung-kampung serta integrasi berbagai moda transportasi publik.

“STA 2021 ini adalah kemenangan warga Jakarta, tak lepas dari kolaborasi dengan warga, pegiat transportasi untuk desain wayfinding, inovasi bus listrik, dan mikrotrans AC,” katanya.  (inews)

Komentar