Dor! 2 Anggota KKB Berhasil Dilumpuhkan, 1 Tewas Dan Lainnya Terluka

JurnalPatroliNews – Nabire,- Dua Anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di bawah Komando Toni Tabuni, berhasil ditangkap oleh Satuan Tugas (Satgas) Gakkum Ops Damai Cartenz, di Kabupaten Nabire, Papua.

Dua Anggota KKB yang ditangkap adalah Toni Tabuni (24), dan Kais Tabuni (25). Keduanya berhasil dilumpuhkan dalam sebuah Operasi penangkapan di Kelurahan Siriwini, Selasa (29/3/22).

Kombes Ahmad Musthofa Kamal, Kepala Humas Ops Damai Cartenz, mengatakan, Toni Tabuni merupakan Pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata Ndeotadi.

“Toni Tabuni  adalah pemimpin KKB Ndeotadi yang terlibat dalam berbagai kasus tindakan kekerasan, dan pembunuhan, juga penyerangan terhadap warga sipil, dan juga personel anggota TNI-Polri,” ungkap Kamal dalam rilis pers, Rabu (30/3/22) siang.

Ia menyatakan, aparat mendapat perlawanan saat penangkapan, sehingga akhirnya ditembak. Toni dinyatakan tewas ditempat, sedangkan Kais dilarikan ke Fasilitas Medis untuk perawatan.

Briptu Cristian Palling mengalamin luka bacok pada bagian kepala dan luka dibagian tubuhnya dalam persitiwa itu.

Menurut catatan Kepolisian, Toni sembilan kali melakukan aksi kekerasan, salah satunya pencurian dengan kekerasan terhadap personel Pospol 99 Ndeotadi pada bulan Mei 2020 silam. Pada peristiwa itu, Toni Cs juga merampas tiga pucuk senjata organik milik Pospol 99, antara lain, 2 pucuk SS1 dan satu pucuk AK47

.

Komentar