Drone Laut Misterius Di Selayar Disebut Seaglider, TNI AL Ungkap Kegunaannya Untuk Militer Dan Industri

  • Whatsapp
Seaglider yang ditemukan Nelayan Desa Majapahit, Selayar, Sulawesi Selatan/ist

JurnalPatroliNews – Jakarta, Satu alat yang ditemukan seorang Nelayan di Desa Majapahit, Selayar, Sulawesi Selatan, sempat membuat heboh masyarakat karena disebut-sebut sebagai drone bawah laut.

Kepemilikan dan fungsinya yang masih misterius mengharuskan pihak TNI Angkatan Laut angkat bicara, usai dilakukan penelitian oleh Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Pushidrosal).

Bacaan Lainnya

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Yudo Margono menerangkan, alat bernama seaglider tersebut memiliki dua keperluan. Yaitu, bisa digunakan untuk keperluan industri maupun militer.

“Alat ini bisa digunakan untuk industri maupun digunakan untuk pertahanan. Tergantung siapa yang memakai,” ujar Yudo dalam jumpa pers di Pushidrosal Ancol, Jakarta Utara, Senin (4/1).

Berdasarkan hasil penelitian Pushidrosal, Yudo menyebut benda itu terbuat dari aluminium dengan dua sayap dan propeller dan antena belakang, serta terdapat instrumen mirip kamera di badannya.

Dari alat tersebut, mantan Pangarmada I ini mengatakan Seaglider bisa melakukan survei dan pengambilan data oseanografi melalui jarak jauh.

Bahkan, sektor industri pertmbangan juga biasa menggunakan alat tersebut untuk keperluan pengeboran. Selain itu industri perikanan juga menggunaka alat serupa untuk melakukan pencarian ikan.

“Ini (seaglider) bisa diakses melalui website oleh semua yang bisa mengakses data. Ini bisa juga digunakan untuk data-data militer ataupun keperluan industri,” demikian Yudo Margono menambahkan.

 

Pos terkait